Saat ini, Indonesia sedang memasuki musim hujan. Umumnya, di musim ini ada berbagai macam penyakit yang mengintai, yang paling umum yaitu flu, pilek, dan batuk. Tapi sayangnya, musim hujan tahun 2020 dibarengi dengan pandemi. Yang ditakutkan, penularan virus semakin mudah terjadi pada cuaca lembap.

Untuk itu, masyarakat diminta tetap menggunakan masker. Tapi, di musim hujan kali ini, masyarakat diimbau untuk membawa masker cadangan. Mengapa begitu?

Karena, cuaca yang lembap dan cenderung basah dapat membuat masker menjadi kurang efektif dalam mencegah infeksi virus. Selain itu, air hujan pun dapat membatasi aliran udara dan mengurangi kemampuan masker dalam menyaring virus.

Dalam kata lain – hal ini dapat menyebabkan kamu lebih mudah terinfeksi virus penyebab penyakit. Tentu saja, kamu tidak ingin mengalami kondisi ini, bukan?

Lalu, bagaimana cara agar masker tetap efektif dalam mencegah penularan virus selama musim hujan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Tips Agar Masker Tetap Efektif Dalam Mencegah Penularan Virus

Ahli: Rekomendasi Agar Masker Efektif Cegah Virus di Musim Hujan / Credit: timesofisrael.com

Dilansir dari Detik, dikatakan bahwa semua jenis masker sebenarnya bisa menjadi rentan, terutama dalam cuaca yang lembap. Sama halnya dengan masker yang jadi lembap karena bersin atau batuk. Jadi, masker mesti diganti dengan yang baru.

Untuk itu, kamu terus diminta untuk membawa masker cadangan setiap kali bepergian ke luar rumah. Jadi, kamu dapat mengganti masker ketika sudah basah atau sudah digunakan dalam beberapa jam. Dengan begitu, efektivitas masker terus terjaga.

Selain basah, masker juga harus segera diganti ketika sudah tampak kotor. Kalau kamu menggunakan masker medis, segera buang masker secara tepat untuk mencegah penularan penyakit. Untuk masker kain – segera cuci setelah digunakan.

 

Tips Jaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Ahli: Rekomendasi Agar Masker Efektif Cegah Virus di Musim Hujan / Credit: thinkhealth.priorityhealth.com

Memakai masker merupakan salah satu langkah pencegahan penularan virus – ini juga dapat bantu mempertahankan kesehatan kamu, lho.

Tetapi menggunakan masker saja belumlah cukup, kamu mesti menerapkan sejumlah tips lainnya agar tetap sehat selama musim hujan. Tubuh yang sehat – berarti daya tahan tubuh kamu pun terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan?

  • Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Lalu, pilih makanan yang sudah terjamin kebersihannya, ya. Jika memungkinkan, masak sendiri di rumah.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal delapan gelas setiap hari.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rutin cuci tangan. Jadi, tidak ada virus yang menempel di tanganmu, termasuk virus penyebab flu, pilek, batuk, dan Covid-19.
  • Tetap lakukan aktivitas fisik. Baik di rumah, atau di luar rumah seperti jogging dan bersepeda.
  • Yang paling penting – penuhi kebutuhan vitamin kamu setiap harinya.

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari? Mudahnya – kamu dapat konsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kombinasi multivitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent – yang mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberikan sensasi menyegarkan!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, mengganti masker secara berkala selama musim hujan memang efektif untuk melindungi kamu dari infeksi virus, ya. Pastikan juga kamu menerapkan tips kesehatan lainnya agar daya tahan tubuh tetap terjaga!

 

Featured Image - cosmopolitan.com

Source - cnnindonesia.com