Selama pandemi, kondisi mental breakdown mungkin sudah tak lagi asing. Pandemi – kerap kali membuatmu merasa terpuruk dan stres daripada biasanya. Ketika seseorang mengalami mental breakdown, biasanya ia cenderung tidak bisa menjalankan sejumlah aktivitas seperti biasanya.

Mudahnya, mental breakdown merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah penyakit mental, termasuk depresi, gangguan kecemasan, dan stres akut. Tetapi, sekarang mental breakdown lebih sering digunakan secara umum – menggambarkan kondisi seseorang yang sedang merasa gejala stres.

Untuk gambaran yang lebih spesifik – mental breakdown umumnya memiliki ciri- ciri, seperti mengalami gejala anxiety, siklus tidur yang berantakan, selalu merasa lelah, perubahan napsu makan, sulit berkonsentrasi, hingga sesak napas.

Apakah kamu sedang mengalami kondisi seperti ini? Cara mengatasinya – bisa dengan tetap produktif agar kamu tidak terlalu larut dalam kesedihan. Tapi, bagaimana agar tetap produktif setelah mengalami mental breakdown?

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

5 Tips Tetap Produktif

Setelah Alami Mental Breakdown

Ingin Produktif Usai Alami Mental Breakdown? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu! / Credit: brainpulse.com

Tingkatkan Rasa Tanggung Jawab

Meski kamu masih merasa terpuruk, tapi bukan berarti kamu boleh melupakan sejumlah hal yang menjadi tanggung jawab kamu, ya. Sedih boleh saja, tapi kamu harus lebih kuat dalam menghadapinya. Karena, kamu tak bisa lho mengisi hari- harimu hanya dengan kesedihan.

Untuk itu, cobalah meningkatkan rasa tanggung jawab – agar sejumlah pekerjaanmu bisa tetap diselesaikan.

 

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Kamu suka membaca? Menonton? Atau kegiatan apa yang menjadi hobi kamu? Apapun itu, lakukanlah untuk membuatmu merasa lebih senang setelah alami mental breakdown. Sedang sedih bukanlah alasan untuk tidak melakukan hobi, lho!

Dengan begini, kamu jadi terdistraksi dari pikiranmu dan tidak memikirkan masalah terus menerus.

 

Ingin Produktif Usai Alami Mental Breakdown? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu! / Credit: 1063radiolafayette.com

Ingin Berteriak? Boleh Kok!

Kalau kamu ingin merasa lebih tenang – boleh banget untuk berteriak! Misalnya, berteriak di tempat yang sepi, atau bernyanyi sembari meluapkan emosimu. Tapi ingat, hindari berteriak di depan orang lain ya, karena bisa terkesan seperti marah- marah.

 

Utarakan Perasaan

Kamu boleh saja merasa ngga enakan, tapi ini tak boleh dilakukan terus menerus ya. Kamu mesti bisa menyatakan apa yang membuatmu sedih. Luapkan perasaanmu melalui tulisan maupun cerita ke orang lain.

Intinya, lakukan apapun yang bisa menyalurkan perasaan kamu secara positif. Jadi, kamu bisa atasi kesedihan dan makin produktif seperti sedia kala!

 

Beribadah

Yang mesti kamu ingat – kamu tidak hidup untuk dunia saja, lho. Tetapi, untuk kehidupan selanjutnya nanti. Hal ini bisa jadi pengingat bahwa kamu harus tetap menjalani hidup. Banyak orang yang alami mental breakdown merasa tidak ada orang yang mengerti perasaannya, maka ini adalah waktu yang tepat untuk dekatkan diri pada Sang Pencipta.

 

Kamu Juga Bisa Terapkan Tips Produktif Lainnya, Lho….

Ingin Produktif Usai Alami Mental Breakdown? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu! / Credit: magisto.com

Setelah nanti mental breakdown bisa benar- benar kamu atasi – pasti kamu bisa kembali produktif seperti sedia kala! Untuk menjaga produktivitas kamu, coba deh terapkan deretan cara berikut ini.

  • Tetapkan tujuan hidupmu dengan jelas. Dan, pahami mengapa kamu harus bisa mencapai tujuan tersebut.
  • Terapkan sistem manajemen waktu yang baik.
  • Hilangkan sejumlah kebiasaan buruk yang dapat membuang- buang waktu kamu.
  • Jangan lupa, tetap istirahat di sela- sela kerja ya.
  • Rutin berolahraga.
  • Jaga asupan makan dan penuhi kebutuhan nutrisi harian kamu – tak boleh dilewatkan, nih!

Berkaitan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi – hal ini berpengaruh pada fungsi otak kamu, lho. Kalau asupan nutrisi sudah terjaga, maka seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Tentu, ini dapat membantumu berpikir lebih jernih juga, kan?

Kebutuhan nutrisi harian sejatinya bisa diperoleh dengan menambahkan makanan sehat bergizi ke dalam menu harian kamu. Tapi, ada cara lainnya agar bisa lebih maksimal, yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin.

Direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung deretan vitamin baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin dan mineral tersebut dapat menjaga daya tahan tubuh kamu, sekaligus membuatmu tetap aktif sepanjang hari. Jadi, ngga heran deh kamu makin produktif ketika rutin minum Enervon Active!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya penjelasan mengenai tips agar tetap produktif meski usai alami mental breakdown. Yuk, kamu bisa terapkan sejumlah kiat- kiat di atas lho agar tidak kehilangan produktivitasmu!

 

Featured Image - thejakartapost.com