Memasuki musim hujan, masyarakat kembali dikhawatirkan dengan ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) – seperti diketahui virus penyebab penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ini kerap kali menyerang selama musim hujan. Meski sudah sering ditemui – demam berdarah tidak boleh disepelekan, karena dapat berakibat fatal.

Kasus demam berdarah pun kerap meningkat seiring berjalannya waktu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa jumlah pasien demam berdarah mengalami peningkatan hingga 30 kali lipat – dalam waktu 5 dekade terakhir.

Umumnya, demam berdarah terjadi di daerah beriklim tropis. Untuk menghindarinya – langkah pencegahan mesti dilakukan. Seperti rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, terlebih wadah penampungan air sehingga nyamuk Aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak.

Selain itu, kamu pun mesti menjaga daya tahan tubuh tetap kuat – sistem kekebalan merupakan benteng pertahanan agar tubuh tak mudah jatuh sakit. Ini pun berlaku pada penyakit demam berdarah.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk menjaga dan menguatkan daya tahan tubuh untuk mencegah demam berdarah?

 

 

 

Cara Ampuh Perkuat Kekebalan Tubuh Untuk Cegah Demam Berdarah

Pentingnya Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: healthline.com

Sama seperti ketika kamu mencegah terinfeksi berbagai virus lainnya – melindungi diri dari demam berdarah juga membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Mudahnya – kamu bisa mengonsumsi sejumlah sumber makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah beri, jeruk, lemon, jambu biji, nanas, pepaya, mangga, kiwi, brokoli, kubis, kale, bayam, dan paprika merah.

Sementara, untuk membantu fase pemulihan demam berdarah – pasien disarankan mengonsumsi jus jambu, daun pepaya, dan air kelapa yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu proses pemulihan, dan melindungi sel tubuh dari kerusakan lebih lanjut.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari DBD Juga Dapat Dilakukan Dengan….

Pentingnya Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: sabigaju.com

Selain mengonsumsi sejumlah sumber makanan tertentu, kamu direkomendasikan untuk menerapkan cara lainnya dalam menjaga daya tahan tubuh. Termasuk, mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan meregenerasi sel-selnya di malam hari.

Dengan mendapat istirahat yang cukup di malam hari – minimal 7-8 jam, daya tahan tubuh bisa menjadi lebih kuat. Hal ini tentu dapat membantu lindungi tubuh dari demam berdarah, serta berbagai penyakit kronis lainnya, seperti jantung, diabetes, dan obesitas.

Lalu, WHO pun mengajurkan untuk menjaga kesehatan secara umum – seperti melakukan olahraga secara rutin. Kamu bisa olahraga dengan intensitas sedang, seperti jogging, bersepeda, dan berenang – lakukan tiga kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit setiap sesi.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Untuk Cegah Demam Berdarah

Pentingnya Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: emc.id

Tahukah kamu bahwa demam berdarah dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya? Ya, vitamin C merupakan nutrisi yang berperan untuk melindungi tubuh dari paparan virus penyebab penyakit, termasuk DBD. Untuk itu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari sangat dianjurkan. Terlebih, vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Tidak hanya dapat mencegah demam berdarah, tapi vitamin C pun dapat membantu proses pemulihan pada pasien DBD. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 silam.

Hasil penelitian menunjukkan – dari 100 pasien demam berdarah yang mendapat asupan vitamin C, mengalami peningkatan trombosit yang lebih signifikan, dibanding pasien yang tidak konsumsi vitamin C – dalam kata lain, vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan.

 

Agar Maksimal, Meningkatkan Konsumsi Vitamin C Per Hari Juga Dianjurkan

Pentingnya Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: healthline.com

Sebenarnya, vitamin C dapat kamu temui pada berbagai sumber makanan sehat, seperti meningkatkan kebutuhan vitamin C per hari.

Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, kamu sangat disarankan untuk minum multivitamin untuk penuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Kamu direkomendasikan konsumsi Enervon-C secara rutin.

Mengapa Enervon-C? Karena multivitamin Enervon-C mengandung sejumlah vitamin baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat energi yang lebih tahan lama.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, jika ingin lebih maksimal, minum Enervon-C Effervescent – mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberi sensasi segar.

Tak perlu khawatir mengonsumsi multivitamin setiap hari – pasalnya, vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin larut air. Sehingga, zat yang tidak diperlukan tubuh dapat dikeluarkan melalui urin dan tak mengendap di dalam tubuh.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah demam berdarah sangat penting dilakukan. Imbangi dengan sejumlah langkah pencegahan lainnya, seperti menjaga kebersihan lingkungan rumah agar tidak ada tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak.

 

Featured Image - baynews9.com