Sampai saat ini, pandemi virus corona masih terus berlangsung di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Angka kasus positif pun belum menunjukkan penurunan. Berbagai langkah pencegahan penularan terus dilakukan, termasuk berbagai lembaga yang berlomba- lomba menghasilan vaksin Covid-19.

Vaksin merupakan hal penting dalam mencegah penularan – walaupun tak bisa seutuhnya menghindari ancaman virus, paling tidak vaksin dapat mengurangi risiko masyarakat mengalami gejala dan kondisi yang lebih parah.

Sebagai titik terang – berbagai progres vaksin sudah mulai tampak sejak beberapa waktu silam. Bahkan, rencananya vaksin bisa didistribusikan mulai bulan November ini. Sejalan dengan hal tersebut – pemerintah juga tengah melakukan sejumlah persiapan agar proses vaksinasi bisa berjalan lancar.

Terlepas dari vaksin Covid-19 yang akan segera diedarkan, masyarakat perlu mengetahui fakta- fakta mengenai persiapan program vaksin. Apa saja fakta tersebut?

 

 

 

3 Fakta Penting

Mengenai Program Vaksin Covid-19

Vaksin Dimulai November 2020, Ini 3 Fakta Terkait yang Perlu Kamu Ketahui / Credit: bbc.com

Ada 3 Perusahaan yang Siap Pasok Vaksin

Dari informasi yang diberikan oleh Kementerian Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi – dikatakan bahwa vaksin Cansino menyanggupi 100.000 vaksin dalam bentuk single dose pada bulan November 2020.

Untuk vaksin Sinovac – akan memasok sekitar 3 juta vaksin hingga akhir Desember 2020. Dan Sinopharm sekitar 15 juta vaksin dual dose di tahun ini.

Kemudian, disusul 15-20 juta vaksin yang akan diedarkan mulai tahun 2021 – dengan rincian vaksin Sinopham (50 juta dual dose vaksin), Cansino (20 juta single dose), Sinovac (125 juta dual dose vaksin). Lebih jelasnya, single dose – diperuntukkan bagi orang yang hanya membutuhkan satu dosis vaksin. Sementara, dual dose – untuk orang yang membutuhkan dua kali vaksinasi.

 

Pelaksanaan Vaksinasi Akan Ditentukan Pemerintah

Berkaitan dengan penyelenggaraan vaksinasi di Indonesia, nantinya pemerintah akan mengatur dan menentukan peraturan yang mesti diikuti – pengaturan dilakukan sembari menunggu tahap uji III vaksin selesai.

 

Vaksin Dimulai November 2020, Ini 3 Fakta Terkait yang Perlu Kamu Ketahui / Credit: sciencenews.org

Vaksinasi Di Awal Tahun 2021

Menurut Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa proses pemberian vaksin untuk masyarakat Indonesia – diharapkan bisa dilakukan pada awal tahun 2021.

Seperti yang diketahui, vaksin merupakan salah satu cara untuk keluar dari belenggu pandemi. Selama vaksin belum bisa diedarkan, masyarakat diminta terus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan ketika bepergian ke luar rumah.

 

 

 

Featured Image - vanityfair.com

Source - detik.com