klaster keluarga.

Untuk itu, pemerintah meminta untuk menghindari isolasi mandiri di rumah – karena takut akan menularkan virus ke anggota lainnya. Sebaiknya, pasien disarankan untuk isolasi terpusat di fasilitas yang sudah disediakan.

Namun, bagimana kalau terpaksa mesti melakukan isolasi mandiri di rumah? Bagaimana cara mencegah virus corona ketika ada anggota keluarga yang tertular?

Sebelum memasuki penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut – kamu perlu memahami bahwa pola penularan Covid-19 kini bisa terjadi melalui beberapa cara, yaitu:

  • Terpapar virus melalui droplet yang dikeluarkan melalui batuk, bersin, berbicara, dan bernapas.
  • Orang yang tidak terinfeksi, menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi droplet dari kasus positif Covid-19. Kemudian, orang tersebut menyentuh bagian wajah dan virus bisa masuk ke dalam tubuh.
  • Melalui partikel aerosol yang berada di udara.

Setelah mengetahui pola penularan virus – berikut ini sejumlah cara mencegah virus corona ketika ada keluarga yang terinfeksi. Deretan cara ini dapat bantu munculnya risiko klaster keluarga.

 

 

 

5 Cara Mencegah Virus Corona Dalam Keluarga

Begini Cara Mencegah Virus Corona, Ketika Anggota Keluarga Ada yang Tertular / Credit: generalandmedical.com

Isolasi dan Ventilasi

Idealnya, pasien Covid-19 memiliki ruangan dan kamar mandi sendiri – ini dilakukan untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Tapi, jika tidak memungkinkan, anggota keluarga lainnya mesti jaga jarak.

Perhatikan pula ventilasi ruangan – pastikan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baikhttps://www.enervon.co.id/article/1343/perhatikan-sirkulasi-udara-di-gedung-salah-satu-langkah-cegah-penularan-corona-di-udara/ agar risiko penularan semakin rendah. Buka jendela secara berkala untuk pertukaran udara yang lebih baik.

 

Menjaga Kebersihan

Setiap keluarga wajib menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan. Hal tersebut meliputi memakai masker, jaga jarak, rutin cuci tangan, serta menerapkan etika batuk dan bersin.

Jika diperlukan, anggota keluarga lain yang sehat – bisa menggunakan sarung tangan, terlebih ketika sering melakukan kontak dengan cairan dari pasien Covid-19. Tapi, segera buang sarung tangan ke tempat sampah khusus dan segera cuci tangan.

 

Begini Cara Mencegah Virus Corona, Ketika Anggota Keluarga Ada yang Tertular / Credit: scmp.com

Hindari Berbagi

Cara mencegah virus corona dalam keluarga berikutnya – hindari berbagi barang pribadi, seperti perlengkapan mandi dan perlengkapan makan dengan pasien Covid-19. Selain itu, jika memungkinkan, cuci pakaian pasien secara terpisah dan segera jemur di bawah sinar matahari.

 

Bersihkan Permukaan

Membersihkan berbagai permukaan yang sudah disentuh pasien Covid-19 – termasuk cara mencegah virus corona dalam lingkup keluarga. Bersihkan permukaan yang sering digunakan seperti gagang pintu, saklar lampu, dan toilet dengan cairan disinfektan.

Kalau kamu menggunakan kamar mandi yang sama dengan pasien – pastikan kamar mandi sudah dibersihkan sebelum digunakan oleh anggota keluarga lainnya.

 

Begini Cara Mencegah Virus Corona, Ketika Anggota Keluarga Ada yang Tertular / Credit: pikiran-rakyat.com

Daya Tahan Tubuh – Jadi Perlindungan Utama

Dalam merawat pasien Covid-19 di rumah – berbagai cara mencegah virus corona memang penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar penularan dapat diminimalisir. Yang tak kalah penting – menjaga daya tahan tubuh yang berperan sebagai perlindungan utama.

Mudahnya – kamu disarankan untuk menjalani pola hidup sehat agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Ini meliputi mengonsumsi istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik.

Agar perlindungan makin maksimal, kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin setiap harinya. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Semakin kuat daya tahan tubuh kamu – maka makin rendah pula risiko terinfeksi virus.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, ketika ada anggota keluarga yang melakukan isolasi mandiri di rumah – berbagai cara mencegah virus corona tersebut penting untuk dilakukan. Jaga pula daya tahan tubuh kamu agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus.

 

Featured Image - health.grid.id