Selama pandemi, setiap orang pasti makin gencar menjaga kesehatannya. Belum lagi, kini Indonesia tengah memasuki musim hujan – jadi, nggak heran kalau masyarakat terus menerapkan pola hidup yang sehat agar kondisi tubuh tetap prima. Dengan menjaga kesehatan tubuh – maka sistem imunitas pun kuat dalam melawan berbagai virus berbahaya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas – menjaga kesehatan tubuh dapat dimulai dengan jalani pola hidup sehat. Ini termasuk rutin berolahraga. Berbicara soal olahraga – ada beragam jenis aktivitas fisik yang bisa kamu terapkan. Tapi, yang paling mudah dan efektif, yaitu olahraga kardio.

Olahraga kardio dapat berupa berlari, jogging, bersepeda, senam aerobik, maupun kick boxing. Jenis olahraga kardio – bisa memompa kerja jantung serta menghasilkan keringat banyak.

Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui secara pasti mengenai manfaat olahraga kardio. Tapi ternyata, jenis olahraga satu ini memiliki banyak manfaat. Bahkan, olahraga kardio kerap disebut sebagai olahraga dengan efek ‘ajaib’ bagi tubuh.

Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga kardio? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Manfaat Olahraga Kardio

Yuk, Rutin Olahraga Kardio! Dapat Berikan 5 Manfaat Baik Ini, Lho / Credit: askmen.com

Memelihara Sistem Imunitas Tubuh

Sejatinya, setiap jenis olahraga dapat menjaga imunitas tubuh – demikian pula dengan olahraga kardio. Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan – para ahli membandingkan pesepeda amatir berusia 56-79 tahun, dengan orang berusia sama tapi tak pernah berolahraga.

Hasilnya – kelompok pesepeda memiliki sistem imunitas yang jauh lebih baik dan terlihat lebih sehat. Bisa dibilang, tubuh mereka mirip dengan orang yang masih muda.

Intinya, rutin melakukan olahraga kardio bisa bantu memelihara sistem imunitas tubuh. Tapi, agar lebih maksimal imbangi dengan pola hidup sehat lainnya ya – seperti konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Yang tak boleh dilupakan – penuhi pula kebutuhan vitamin harian kamu, terlebih vitamin C dan vitamin B kompleks yang berperan dalam pemeliharaan sistem imunitas. Untuk itu, kamu disarankan minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – sehingga perlindungan terhadap tubuh lebih maksimal!

 

Membentuk Otot

Selanjutnya, olahraga kardio dapat meningkatkan ukuran otot. Tetapi, kalau ingin hasilnya lebih maksimal dan kekuatan tubuh makin meningkat – kombinasikan olahraga kardio dengan latihan beban, ya.

 

Yuk, Rutin Olahraga Kardio! Dapat Berikan 5 Manfaat Baik Ini, Lho / Credit: tokopedia.com/blog

Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru

Mungkin sudah tidak asing lagi bagimu, kalau olahraga kardio dapat bantu memelihara kesehatan jantung dan paru. Olahraga kardio, terutama berenang bisa melatih tubuh menggunakan oksigen dengan efisien.

Lama kelamaan, olahraga kardio akan mengurangi laju istirahat jantung dan pernapasan – keduanya merupakan poin penting dari kesehatan jantung serta paru-paru.

 

Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu cara ampuh menurunkan kadar kolesterol, yaitu dengan rutin olahraga kardio. Jadi, nggak heran kalau dokter menyarankan penderita kolesterol untuk rajin berolahraga, terlebih pada orang yang memiliki gaya hidup sedentary alias jarang bergerak!

 

Memperbaiki Mood

Suasana hati sedang buruk? Kamu bisa olahraga kardio untuk perbaiki mood, lho. Olahraga ini dapat membuat kamu lebih rileks dan tenang – ini disebabkan menurunnya kadar hormon stres alami yang kerap membuat bad mood.

Olahraga kardio, seperti jogging atau berenang akan melancarkan aliran darah, sehingga bagian otak pun mendapat energi dan oksigen baru.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai berbagai manfaat olahraga kardio. Mulai sekarang, kamu bisa lho mulai rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya!

 

Featured Image - cookinglight.com