Ada yang mengatakan minum vitamin harus dilakukan di pagi hari agar kamu jadi berenergi untuk melakukan aktivitas. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa minum vitamin di malam hari, agar esok pagi kamu merasa segar dan bugar.

Untuk mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk minum vitamin, kamu bisa melihat ulasannya berikut ini.

Minum vitamin pagi atau malam hari tergantung pada jenis vitaminnya

Credit: Hipwee

Minum vitamin di pagi atau malam hari, sebenarnya tergantung pada jenis vitaminnya. Jika kamu minum multivitamin, waktu terbaik untuk meminumnya adalah pagi hari setelah kamu sarapan atau makan siang. Hal ini dapat membuat zat yang ada di dalam multivitamin terserap dengan baik ke dalam tubuh, bersamaan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Untuk vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang- kacangan agar dapat diserap ke dalam tubuh.  Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik dikonsumsi pagi hari.

Dan untuk vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan B, dapat dikonsumsi pada pagi, siang atau malan hari dan tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Minum vitamin sesuaikan dengan kondisi kamu

Credit: Lifestyle Okezone

Beberapa orang mungkin merasa tidur mereka terganggu karena mengonsumsi multivitamin sebelum tidur, hal ini dapat menyebabkan mereka lebih sering terbangun di malam hari dan jadi kurang tidur.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa ada keterkaitan antara penggunaan multivitamin dan kualitas tidur, namun tidak membuktikan bahwa vitamin tersebut menyebabkan masalah tidur. Namun, jika kamu merasa hal ini dapat mengganggu, kamu bisa mengonsumsi vitamin di pagi atau siang hari.

Vitamin dapat bereaksi dengan makanan dan obat-obatan

Credit: Hellosehat

Beberapa vitamin memang bisa berinteraksi dengan senyawa dalam makanan atau dengan obat- obatan yang berpotensi mengganggu penyerapannya. Misalnya, kamu tidak boleh minum vitamin yang mengandung zat besi dengan kalsium secara bersamaan. Dan sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berserat tinggi atau minum kopi atau teh saat kamumengonsumsi suplemen multivitamin atau zat besi.

Sebelum mengonsumsi vitamin, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan bagaimana reaksi vitamin dan obat yang kamu konsumsi, terutama jika kamu sedang dalam pengobatan atau perawatan.

Kamu juga tidak boleh lupa, untuk mencukupi kebutuhan gizi harian yang seimbang kamu harus mengonsumsi makanan sehat dan berserat serta minum multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu agar nggak gampang sakit. 

Atau Enervon Active, dengan kandungan vitamin C dan zinc-nya yang aman di lambung dan membuatmu tetap aktif dan bugar sepanjang. 

 

 

Featured Image - Hello Sehat