Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

font size A Ǎ

Musim hujan telah tiba! Melakukan sejumlah persiapan agar bisa melewati musim hujan dengan nyaman – penting untuk dilakukan, lho. Termasuk, memperhatikan dan menyiapkan kondisi rumah. Kamu tidak mau kan kalau rumah malah jadi sering bocor akibat rembesan air hujan?

Menyiapkan rumah agar lebih aman dari bocor – tidak boleh disepelekan! Meskipun terlihat kecil, bocor dan rembesan air hujan dapat merusak rumah dalan jangka waktu panjang. Selain itu, rangka kayu bisa jadi lapuk – hingga cat dinding yang akan mengelupas seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya itu, rembesan air hujan akibat bocor – pun bisa merusak perabotan rumah kamu. Wah, sungguh kacau bukan?

Tapi tenang, biar rumah kamu terhindar dari bocor dan rembesan air hujan, setidaknya ada lima tips yang bisa kamu terapkan, nih. Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

5 Tips Aman

Rumah Anti Bocor Selama Musim Hujan

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan / Credit: woodlandremodelingllc.com

Ganti Atap yang Rusak

Atap merupakan lapisan pertama yang berperan untuk melindungi isi rumah dari hujan – jadi, sebelum curah hujan semakin tinggi, sebaiknya periksa dahulu kondisi atap secara keseluruhan ya. Mengapa demikian?

Agar jika ada atap yang pecah dan menciptakan celah – bisa segera diperbaiki. Dengan begitu, rumah lebih aman dari bocor dan tidak menimbulkan bahaya lainnya.

 

Periksa Plafon Rumah

Jangan lupa, periksa pula bagian dalam rumah kamu seperti plafon – yang merupakan lapisan kedua dan bertugas dalam mengalau air hujan ketika atap mengalami kebocoran. Kalau plafon rusak – segera ganti ya!

Selain mengalau air hujan, plafon yang baik juga dapat membuat rumah kamu terasa lebih nyaman dan bersih, lho.

 

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan / Credit: artikel.rumah123.com

Periksa Talang Air

Berikutnya, periksa pula talang air – berfungsi untuk mengalirkan air hujan yang tertampung di atap langsung menuju tanah atau wadah penampung. Dengan adanya benda ini, aliran air jadi lebih terarah dan tidak membasahi isi rumah.

Jadi, segera periksakan kondisi talang air ya – mengingat kondisinya yang mudah tersumbat berbagai kotoran.

 

Lapisi Atap dan Dinding

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan, yaitu gunakan lapisan anti bocor untuk menghalau air hujan. Tenang saja, pelapis ini banyak dijual di pasaran kok. Sehingga, kamu tak perlu repot dalam mencarinya ya!

Kamu bisa memilih jenis pelapis yang sesuai kondisi atap dan dinding rumah. Umumnya, pelapis jenis coating digunakan untuk melapisi dinding, sedangkan pelapis jenis membran – digunakan untuk bagian atap.

 

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

Anti Bocor! Ini Lho Tips Buat Atap Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan / Credit: thespruce.com

Pangkas Pohon

Keberadaan pohon memang bisa membuat asri lingkungan rumah – tapi, di musim hujan ini pohon justru bisa berbahaya, apalagi ketika terjadi badai. Tumbuhan satu ini bisa roboh dan tertiup angin – dan akhirnya menimpa rumah!

Kalau sudah begitu, rumah jadi berluang dan air hujan pun akan masuk. Wah, kamu tidak ingin hal ini terjadi kan? Jadi, kamu disarankan untuk segera memangkas pohon di sekitar rumah. Tak perlu secara keseluruhan, cukup pangkas bagian ranting-ranting yang rawan patah saja.

 

 

 

Apakah kamu ingin segera menerapkan deretan tips di atas? Mempersiapkan dan memeriksa kondisi rumah sedini mungkin dapat membuatmu lebih tenang serta nyaman dalam menghadapi musim hujan, lho.

 

Featured Image - azcentral.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!