Di zaman modern semua hal bisa dilakukan secara digital. Tak heran, kondisi tersebut membuat masyarakat menyebutnya sebagai era digital. Kamu ingin cari kerja? Mau memulai bisnis? Atau ingin melakukan pembelian tiket pesawat? Semuanya bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu membuka aplikasi terkait saja!

Memang terdengar mudah ya? Berbagai kegiatan dapat dilakukan secara instant, tanpa perlu repot pergi kesana kemari. Di zaman serba digital ini cukup menyenangkan – tetapi, apakah kamu hanya mau menjadi ‘pemain’ atau sekedar ‘penonton’ yang menikmati?

Kalau kamu ingin jadi seorang ‘pemain’ di era digital – kamu memerlukan personal branding, nih. Kerap disebut juga sebagai image diri – personal branding merupakan proses memasarkan diri dan karir melalui suatu citra yang kamu bentuk. Image ini dapat dipresentasikan melalui berbagai media, termasuk media sosial, blog, dan perilaku di tempat umum.

Percayalah, personal branding memiliki banyak manfaat, termasuk untuk pekerjaan kamu! Lalu, apa saja manfaat dari personal branding? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Manfaat Personal Branding

Personal Branding Diperlukan Di Era Digital, Ini 5 Manfaat Baiknya! / Credit: topcareer.id

Makin PeDe

Membangun personal branding – dapat membantu kamu fokus pada kekuatan diri. Ya, pasalnya tujuan personal branding, yaitu menunjukkan kelebihanmu kepada khalayak. Hal inilah yang nantinya bisa menjadi ciri khasmu, lho.

Dengan begitu, kepercayaan dirimu semakin meningkat – dan, kamu pun akan berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi.

 

Kreadibilitas Meningkat

Kalau personal branding bisa kamu terapkan di dunia nyata, hal ini bisa meningkatkan kreadibilitas. Bahkan, kamu pun mulai dikenal dengan skill yang dimiliki – dan akhirnya bisa disebut sebagai ‘ahli’. Yang penting kamu bisa konsisten ya!

 

Personal Branding Diperlukan Di Era Digital, Ini 5 Manfaat Baiknya! / Credit: wall-street.com

Memiliki Nilai Tambah

Kamu sudah menerapkan personal branding secara konsisten? Ini hal yang baik! Dengan begitu, nilai tambahmu akan meningkat di mata orang lain. Jika personal branding sudah terbentuk secara baik – hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai tempat mencari penghasilan, lho.

 

Memperluas Jaringan

Di era digital – semua orang bisa terkoneksi dengan mudah. Salah satu manfaat dari personal branding di dunia maya, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang sejalan. Dari sini, kamu bisa bertemu sejumlah mentor yang bisa bantu meningkatkan potensi diri.

 

Memahami Keahlian Diri

Seiring berjalannya waktu, tentu kamu akan terus belajar. Sejatinya, personal branding merupakan cara untuk jadi lebih baik. Kamu pun bisa belajar mengenai hal-hal baru – yang bisa membuatmu makin berkembang.

 

 

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami ya berbagai manfaat baik dari personal branding? Apakah kamu sudah siap untuk membangun image yang baik dan bisa menginspirasi orang-orang sekitarmu?

 

Featured Image - juraganonline.org