Merasa stres, cemas berlebihan, dan sering khawatir – merupakan deretan masalah psikologis yang kerap dirasakan sebagian besar masyarakat selama menghadapi pandemi Covid-19. Untungnya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara yang terbilang mudah – yaitu menjalani rutinitas serta kegiatan baru. Tentu saja, ini dilakukan agar kesehatan psikologis tetap terjaga.

Solusi tersebut pun diungkapkan oleh seorang Psikolog Klinis Forensik, Kasandra Putranto. Ia mengungkapkan bahwa beberapa orang yang ia temui, berhasil mengatasi gangguan psikologis – dengan melakukan rutinitas dan kegiatan baru.

Kegiatan dan rutinitas tersebutlah yang membantu masyarakat bangkit dari keterpurukan selama masa pandemi Covid-19.

 

 

 

Memiliki Rutinitas Baru,

Dapat Bantu Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi

Miliki Rutinitas Baru Agar Produktif, Cara Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi / Credit: eventbrite.ie

Dari rutinitas dan kegiatan yang terbentuk – dan dilakukan secara konsisten selama pandemi, akhirnya menuntun sebagian orang ke arah yang lebih baik. Mulai dari beralih profesi, mencoba kegiatan baru, hingga mendapatkan penghasilan dari kegiatan baru tersebut.

Tindakan tersebut merupakan kelanjutan dari berpikir positif – yaitu bertindak kreatif. Tetapi, tindakan ini perlu dibarengi oleh tekad yang kuat. Sehingga, kegiatan dapat dilakukan secara konsisten dan terus merasa terdorong untuk melakukan berbagai hal positif lainnya.

Ketika kamu berpikir dan merasa tidak bisa – maka hasilnya benar tidak bisa. Lain halnya, ketika kamu terus berpikir positif dalam menghadapi kondisi apapun, kamu lebih mudah dalam menjalaninya dan tidak merasa stres bahkan tertekan.

 

 

Terpenting,

Jaga Produktivitas

Miliki Rutinitas Baru Agar Produktif, Cara Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi / Credit: sahabatpegadaian.com

Intinya, yang bisa dilakukan adalah menjaga produktivitas. Semakin banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, maka semakin berkurang rasa stres yang dialami.

Lalu, bagaimana caranya tetap produktif selama pandemi? Kamu bisa terapkan deretan tips berikut ini.

  • Ciptakan suasana yang nyaman di rumah – ini penting untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas, terlebih selama work from home.
  • Membuat rencana untuk kedepannya. Misal, kegiatan baru apa saja yang ingin dilakukan.
  • Mengembangkan diri, ikuti berbagai kursus online untuk menambah berbagai kemampuan.
  • Lakukan berbagai kegiatan yang positif.
  • Tetap luangkan waktu untuk beristirahat, ya.
  • Lakukan olahraga secara rutin – agar tubuh tetap bugar dan berenergi.
  • Jaga pula asupan makanan, serta penuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi harian.

Berkaitan dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi harian – ini penting dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Kamu tak ingin kan malah jatuh sakit dan malah jadi tidak produktif?

Untuk itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi sejumlah makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Yang paling penting penuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B kompleks, ya. Mengapa demikian?

Karena, kombinasi kedua vitamin tersebut ampuh lho untuk menjaga daya tahan tubuh kamu, terutama selama pandemi! Biar lebih mudah, kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active untuk penuhi kebutuhan vitamin harian.

Enervon Active mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – yang bertugas untuk jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu proses metabolisme, sehingga tubuhmu bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas. Jadi, ngga heran kalau kamu makin produktif!

 

 

 

Featured Image - entrepreneur.com

Source - cnnindonesia.com