Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan bahwa mempraktikkan tips sehat – agar daya tahan tubuh terjaga merupakan hal yang sulit untuk diterapkan, bahkan memerlukan biaya yang besar. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho!

Faktanya, masih banyak tips sehat lainnya yang mudah dan efektif untuk dilakukan – yang juga membantu memelihara kesehatan tubuh, sehingga imunitas pun ikut terjaga. Yang terpenting dalam menjalani hidup sehat, yaitu konsisten dan disiplin ya. Ingat lho, manfaat hidup sehat bisa dirasakan untuk jangka panjang.

Lalu, sebenarnya apa saja tips sehat yang bisa diterapkan tersebut – efektif, menyenangkan, dan tidak memerlukan biaya yang besar?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Tips Sehat

Mudah dan Efektif Untuk Diterapkan

7 Tips Sehat yang Penting Diterapkan Pada Keseharian / Credit: nypost.com

Konsumsi Buah dan Sayur

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar bahwa buah dan sayur – merupakan sumber nutrisi alami untuk kesehatan. Keduanya termasuk sumber makanan rendah kalori, kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran, berarti kamu juga mampu mengurangi makanan olahan – yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

 

Pilih Karbohidrat Kompleks

Kamu memang disarankan memilih karbohidrat kompleks, dibanding karbohidrat sederhana. Mengapa demikian? Pasalnya, konsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, hingga obesitas.

Karbohidrat sederhana, umumnya terdiri atas gula yang mudah diserap tubuh dan gampang dicerna. Seperti roti, kue kering, dan makanan olahan lain.

Sedangkan, karbohidrat kompleks – memiliki kandungan yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga kamu pun kenyang lebih lama. Kamu dianjurkan konsumsi beras merah, makanan yang dibuat dari gandum, dan buah-buahan.

 

7 Tips Sehat yang Penting Diterapkan Pada Keseharian / Credit: health.com

Makan Secukupknya

Penting sekali menerapkan mindful eating alias makan secukupnya. Jadi, kamu disarankan untuk berhenti makan sebelum kenyang ya. Cara ini pun dapat membantu kamu mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan tidak mudah ‘lapar mata’.

 

Kurangi Makanan Tinggi Gula

Konsumsi gula berlebih memang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, mulai dari masalah diabetes, obesitas, hingga masalah kesehatan jantung. Untuk itu, usahakan selalu perhatikan makanan yang kamu konsumsi, pilih makanan yang lebih rendah gula ya!

 

Rutin Olahraga

Sudah diketahui bahwa olahraga merupakan tips sehat yang efektif untuk memelihara daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa membuat tubuh lebih bugar, meningkatkan kepadatan tulang, dan menjaga berat badan.

 

7 Tips Sehat yang Penting Diterapkan Pada Keseharian / Credit: thewell.northwell.edu

Aktif Bergerak

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas padat? Pastikan kamu tetap bergerak meski berada di ruangan seharian ya! Memiliki aktivitas sibuk, bukanlah alasan untuk tidak berdiri, berjalan-jalan, atau sekedar stretching, lho.

Duduk terlalu lama tanpa istirahat dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Jadi, istirahat sesekali di sela-sela pekerjaan ya.

 

Istirahat Yang Cukup

Ternyata masih banyak orang yang meremehkan pentingnya tidur cukup dan berkualitas, lho. Padahal, tips sehat satu ini penting dilakukan – agar kesehatan dan daya tahan tubuh terjaga. Istirahat yang cukup selama 7-8 jam dalam semalam – dapat memberi banyak manfaat baik.

Mulai dari membuat suasana hati lebih baik, daya ingat lebih tahan, meningkatkan produktivitas, serta menghindarimu dari risiko kegemukan dan obesitas!

Sekarang kamu sudah tahu ya apa saja tips sehat yang mesti dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga – deretan tips sehat tersebut mudah untuk dilakukan kok! Tapi, agar lebih optimal – kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama vitamin C dan vitamin B kompleks, nih.

Bagaimana cara penuhinya?

 

 

 

Optimalkan Kesehatan Tubuh,

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

7 Tips Sehat yang Penting Diterapkan Pada Keseharian / Credit: naturallysavvy.com

Yang perlu kamu ketahui – daya tahan tubuh merupakan perlindungan utama bagi tubuh agar tak mudah jatuh sakit. Untuk itu, menjaganya tetap optimal merupakan hal yang penting dilakukan. Selain dari tujuh tips sehat di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah memenuhi kebutuhan vitamin – terutama vitamin C yang berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – dua jenis vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks – berperan efektif untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama selama musim hujan di tengah pandemi.

Bagaimana cara penuhinya? Mudahnya, kamu dapat mengonsumsi multivitamin. Direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari. Mengapa demikian?

Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – dengan rasa yang lebih menyegarkan.

 

 

 

Mulai sekarang, kamu dianjurkan untuk terus menjalani hidup sehat. Dan imbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin – agar daya tahan tubuh tetap optimal!

 

Featured Image - shape.com