Sebagian besar orang mengenal vitamin – merupakan vitamin juga bermanfaat bagi perkembangan otak, baik orang dewasa maupun anak-anak? Tanpa kebutuhan vitamin yang terpenuhi, otak tidak bisa bekerja secara optimal.

Beberapa jenis vitamin, memang diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Selain itu, vitamin juga berperan mengurangi risiko terjadinya gangguan otak, seperti demensia dan Alzhemier.

Lalu, vitamin apa yang dimaksud? Lebih tepatnya, vitamin C. Meski dikenal sebagai vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh, tetapi fungsi vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan otak.

 

 

 

Fungsi Vitamin C Untuk Kesehatan Otak

Punya Banyak Kebaikan, Fungsi Vitamin C Dapat Bantu Tingkatkan Fokus dan Kemampuan Kognitif / Credit: amyblankson.com

Masih jarang diketahui – fungsi vitamin C juga berperan penting untuk kesehatan otak. Bagi orang dewasa, vitamin C dapat membantu menjaga daya ingat, kemampuan kognitif, dan menghindari sejumlah penyakit yang terkait kesehatan otak.

Sedangkan, bagi anak – vitamin C dapat mendukung perkembangan otaknya. Dan, bagi janin dalam kandungan fungsi vitamin C berperan sebagai nutrisi penting yang mesti terpenuhi pada periode emas tumbuh kembangnya.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C, bayi juga memiliki risiko lebih rendah mengalami cacat otak bawaan atau gangguan tumbuh kembang.

Vitamin C – memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi otak dari radikal bebas dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Selain itu, vitamin C pun dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi, serta kemampuan secara kognitif.

 

 

 

Kapan Waktu Tepat Konsumsi Vitamin C?

Punya Banyak Kebaikan, Fungsi Vitamin C Dapat Bantu Tingkatkan Fokus dan Kemampuan Kognitif / Credit: todaysparent.com

Vitamin C bisa dikonsumsi dalam bentuk sumber makanan maupun suplemen. Agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal, kamu disarankan mengonsumsi vitamin C pada waktu berikut ini:

  • Di pagi hari, misalnya 30 menit sebelum makanan. Atau, 2 jam sesudah makan, agar makanan sudah dicerna dahulu.
  • Jika kamu memiliki pencernaan sensitif, bisa dikonsumsi bersama dengan makanan, ya.
  • Konsumsi vitamin C dengan makanan tinggi zinc, agar penyerapannya semakin optimal.
  • Kalau kamu memiliki masalah sulit tidur, sebaiknya hindari konsumsi vitamin C di malam hari.

 

 

 

Sumber Terbaik Vitamin C

Punya Banyak Kebaikan, Fungsi Vitamin C Dapat Bantu Tingkatkan Fokus dan Kemampuan Kognitif / Credit: emedihealth.com

Vitamin C bisa kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, vitamin C dalam sayuran bisa ditemui pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun sayangnya, dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C, untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Cara ini pun lebih praktis, cocok untuk kamu yang memiliki berbagai aktivitas padat setiap harinya.

Mengapa kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C setiap hari?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – yang ini mengandung Vitamin C 500 mg, ya. Atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – agar performa daya tahan tubuhmu makin maksimal.

Dari penjelasan di atas, fungsi vitamin C memang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak – untuk itu, kamu dianjurkan memenuhi kebutuhannya setiap hari.

 

Featured Image - axios.com