Pada kebanyakan kasus, kerja lembur hingga tengah malam berawal dari manajemen waktu kerja yang tidak efektif. Untuk menghindari terlalu banyak kerja lembur, yuk perbaiki cara kamu mengatur waktu kerja di kantor agar lebih produktif dan fokus dengan cara berikut ini.

1. Buat daftar rencana kerja

Credit: CNNIndonesia

Jika kamu termasuk tipe orang yang suka bekerja serabutan dari satu tugas ke yang lainnya, maka kamu perlu mempersiapkan daftar rencana hal- hal apa saja yang harus kamu lakuan di hari itu. Memiliki rencana dan persiapan matang sebelum mulai kerja bisa membantu kamu tetap fokus dan produktif sehingga waktu kerja di kantor juga efektif.

Dalam membuat daftar kerja, kamu bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk membantu meningkatkan apa saja yang kamu kerjakan dalam waktu dekat. Bila perlu, kamu juga bisa menyusun rencana jangka panjang untuk beberapa bulan atau bahkan satu tahun.

2. Buat skala prioritas

Credit: Hipwee

Setelah membuat rencana kerja, sekarang waktunya untuk menentukan prioritas. Urutkan cara bekerja kamu dimulai dari mengerjakan tugas- tugas yang penting dan harus diselesaikan secepatnya, hingga ke hal- hal yang bisa dikerjakan nanti.  Dengan cara ini, pekerjaan kamu jadi lebih struktur dan efektif.

Selain itu, membuat prioritas juga memperkecil peluang untuk menunda pekerjaan karena kamu tahu harus menyelesaikan satu tugas tersebut sebelum pindah ke yang selanjutnya.

3. Tentukan batas waktu kerja untuk setiap pekerjaan

Credit: Hipwee

Berikan batas waktu untuk setiap tugas yang harus kamu kerjakan dan selesaikan di hari itu. Usahakan untuk menyelesaikan tugas tersebut dalam periode waktu yang sudah kamu tentukan, termasuk untuk mengevaluasi hasil pekerjaanmu.

Penentuan deadline untuk masing- masing tugas membantumu lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan hasilnya pun dipastikan punya kualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

4. Hindari multitasking

Credit: Liputan6

Melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan tidak efektif dan efisien. Bahkan hal ini bisa membuat fokusmu jadi terpecah dan akibatknya pekerjaanmu tidak ada yang optimal meski kamu dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Pada dasarnya, otak akan bekerja lebih baik ketika kamu benar-benar mampu fokus dan berkonsentrasi pada satu hal. Jadi, fokuskan saja tenaga dan pikiran kamu pada satu pekerjaan utama sehingga hasilnya pun jadi lebih optimal.

5. Limpahkan pekerjaan yang tidak penting ke orang lain

Credit: Kompasiana

Seringkali orang memforsir dirinya untuk mengambil pekerjaan yang lebih banyak karena kita mengganggap bahwa bisa menyelesaikan semuanya. Hal ini lah yang membuat waktu, pikiran, dan tenagamu terkuras habis untuk bekerja. Padahal, pekerjaan yang kamu kerjakan juga bukan prioritas utama.

Solusinya, pikirkan untuk memberikan pekerjaan tambahanmu ke orang lain yang memang kompeten di bidangnya. Dengan begini, daftar kerja yang sudah kamu buat tetap berjalan lanjar tanpa hambatan.

Keterampilan dalam manajemen waktu kerja bisa memudahkan kamu di kantor. Setiap orang mungkin punya cara mengatur waktu yang berbeda, maka temukanlah yang paling efektif dan paling nyaman untuk kamu terapkan secara pribadi.

 

Featured Image - Grid.id