Dalam waktu dekat ini kamu mesti melakukan presentasi? Wah, harus disiapkan dengan baik dan maksimal nih! Bagaimana tidak? Bagi sebagian orang, berbicara di depan publik mungkin hal yang sulit dilakukan. Bisa saja, kamu yang sedang membaca artikel ini – termasuk salah satu di antaranya.

Kurangnya rasa percaya diri ketika tampil dihadapan publik – membuat banyak orang menjadi gugup dan merasa blank. Hal ini tentu saja bisa merugikan, lho. Sebab, bisa saja kamu akan melakukan presentasi di depan klien. Kalau kurang percaya diri – bagaimana bisa untuk meyakinkan klien tersebut?

Tapi tenang, bagi kamu yang kerap kali merasa tidak percaya diri saat presentasi – berikut ini lima tips presentasi yang bisa kamu terapkan. Tips ini bisa bantu kamu makin pede ketika menyampaikan materi yang sudah disiapkan.

Langsung aja yuk simak ulasannya berikut ini!

 

 

 

5 Tips Presentasi,

Bisa Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Diri

5 Tips Presentasi yang Patut Dicoba. Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Diri / Credit: idealsvdr.com

Slide Presentasi Menarik

Tips presentasi yang mesti kamu perhatikan – buatlah tampilan slide presetasi secara menarik dan mudah dimengerti. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih mudah untuk menyampaikan informasi yang ada di dalam slide.

Hal ini juga dapat bantu kamu lebih percaya diri – dan merasa audiens menyukai presentasimu!

 

Kuasai Materi

Yang ini juga tidak boleh dilewatkan! Kamu perlu menguasai materi presentasi sebelum meeting berlangsung ya. Sebaiknya, pelajari materi beberapa hari sebelum rapat.

Ketika kamu mengusai materi presentasi – artinya kamu sudah memahami betul hal yang kamu sampaikan. Dengan begitu, rasa gugup dan malu akan menghilang, serta rasa percaya diri pun meningkat.

 

Berlatih Di Depan Cermin

5 Tips Presentasi yang Patut Dicoba. Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Diri / Credit: 2012books.lardbucket.org

Tips presentasi berikutnya – jangan lupa untuk berlatih berbicara ya. Kalau kamu sudah memahami materi presentasi, kini saatnya kamu melatih diri agar makin siap tampil di depan audiens.

Kamu dapat berlatih di depan cermin – sembari memperhatikan gaya berbicara, serta mengatur arah pandangan dan sikap tubuh kamu. Makin sering kamu berlatih, maka semakin siap pula kamu untuk tampil!

 

Berdiri Tegap

Tahukah kamu bahwa sikap tubuh juga memengaruhi rasa percaya diri? Ya, kalau kamu berdiri tegap, padangan mengarah ke depan, dan kaki sedikit terbuka – tubuh merasa lebih nyaman dan membuat rasa grogi tidak terlalu terlihat, lho.

Jadi, audiens pun akan memandang kamu dengan kagum – mengingat gaya bicara kamu yang menyakinkan.

 

Berpikir Positif

Tips presentasi terakhir, selalu berpikir positif. Hal ini berperan penting untuk mengurangi rasa tidak percaya diri. Hindari memikirkan kekurangan kamu dan berasumsi hal yang belum tentu benar.

Fokuskan diri pada kemampuan kamu dan materi presentasi yang akan disampaikan. Sehingga, kamu bisa berbicara dengan lancar – seperti yang sudah dilatih sebelumnya.

 

 

 

Wah, setelah mengetahui tips presentasi yang baik – sepertinya rasa percaya dirimu meningkat dan sudah siap untuk bawakan materi ya? Ingat, yang terpenting kamu harus tetap jadi diri sendiri – dan sesuaikan gaya presentasimu dengan gaya yang kamu miliki.

Selamat mencoba!

 

Featured Image - entrepreneur.com