Setiap orang pasti memiliki sikap kompetitif dalam dirinya masing-masing. Ungkapan kompetitif – biasanya diberikan kepada seseorang yang selalu ingin unggul dibanding orang lain, mulai dari kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari.

Meskipun sering dianggap sebagai hal negatif, tetapi sikap kompetitif sebenarnya baik, lho. Memiliki sikap ini, dapat membantumu semakin produktif dan terpacu untuk sukses, terlebih hal yang berkaitan dengan karir.

Tapi ingat – kompetitif tetap tak boleh berlebihan ya! Alih-alih, terus berkembang, sikap kompetitif yang berlebihan justru dapat merugikan kamu dan dapat menimbulkan masalah kesehatan fisik maupun mental, lho.

Lalu, apakah kamu salah satu orang yang memiliki jiwa kompetitif? Kalau iya, mungkin kamu memiliki kelima ciri-ciri berikut ini! Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Ciri-Ciri Orang Dengan Sikap Kompetitif

5 Tanda Orang Kompetitif. Apakah Kamu Memilikinya? / Credit: stylo.grid.id

Hidup Adalah Persaingan

Bagi kamu yang punya sikap kompetitif tinggi – kamu mungkin menganggap bahwa hidup adalah persaingan, kamu pun mesti bisa unggul di dalam hal apa pun. Bahkan, bisa saja kamu merasa kecewa kalau ada orang lain yang lebih unggul.

Hal ini wajar saja dialami, tetapi ingat tak boleh berlebihan ya! Karena, kamu tidak mesti selalu unggul dalam segala aspek, kok.

 

Senang Dengan Tantangan

Apakah kamu seringkali ditantang orang lain dan langsung merasa bersemangat? Wah, berarti kamu orang yang kompetitif, nih! Selain itu, kamu juga cenderung memiliki ambisi yang kuat untuk mengalahkan orang yang memberi tantangan padamu.

 

Cari Tahu Penyebab Kegagalan

5 Tanda Orang Kompetitif. Apakah Kamu Memilikinya? / Credit: indozone.id

Orang yang kompetitif, pasti akan sedih ketika mengalami kegagalan. Bahkan, ada pula beberap orang yang kembali mencari tahu apa penyebab kegagalannya tersebut.

Kalau kamu selalu ingin tahu hal apa yang menyebabkan kamu gagal dari saingan kamu – ini artinya kamu punya sikap kompetitif yang cukup tinggi, lho. Hal tersebut baik, karena dapat mengembalikan semangatmu dan bangkit dari kegagalan!

 

Selalu Mengutamakan Persaingan

Sayangnya, orang dengan jiwa kompetitif tinggi – cenderung sulit punya teman dekat, nih. Pasalnya, kamu kerap kali menganggap orang di sekelilingmu sebagai saingan. Perasaan yang satu ini mesti segera diatasi ya.

Ingat, kamu perlu lebih santai dalam menghadapi kehidupan. Dan, tidak semua orang perlu kamu jadikan sebagai sainganmu, kok.

 

Punya Goals Dalam Hidup

Bagi kamu yang punya jiwa kompetitif – kamu pasti selalu punya tujuan dalam hidup. Ini berarti kamu seseorang yang visioner dan cocok dijadikan contoh bagi orang lain! Goals yang kamu miliki pun akan terus berkembang, seiring dengan pencapaian yang berhasil kamu wujudkan.

 

 

 

Apakah kamu termasuk yang memiliki sejumlah tanda-tanda di atas? Wah, bisa dipastikan kamu merupakan orang yang kompetitif, nih! Sikap kompetitif ini wajar kok dimiliki, yang penting tidak terlalu berlebihan dan sampai merugikan dirimu sendiri ya.

 

Featured Image - cipher-sys.com