Memiliki daya tahan tubuh yang kuat – memang penting untuk menunjang kesehatan tubuh, terlebih di masa pandemi Covid-19, imunitas tubuh mesti selalu terjaga dengan baik. Jika kamu sudah memiliki imunitas tubuh optimal, maka berbagai virus penyebab penyakit pun enggan menyerang.

Untuk mengonsumsi beragam makanan sehat, termasuk dalam hal camilan.

Kamu sangat dianjurkan mengonsumsi camilan yang dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh, nih. Lalu, apa saja sih camilan tersebut? Berikut lima di antaranya.

 

 

 

5 Camilan Sehat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Camilan Sehat yang Dapat Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: befren.com

Biji Bunga Matahari

Tahukah kamu bahwa biji bunga matahari dapat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Dikutip dari Kompas, biji bunga matahari alias kuaci merupakan camilan kaya vitamin E dan beragam nutrisi lainnya.

Selain itu, biji bunga matahari juga kaya akan selenium – yang berperan penting dalam melawan jenis kanker tertentu dan membangun kekebalan tubuh.

 

Dark Chocolate

Kakao yang bisa kamu temukan dalam dark chocolate atau cokelat hitam – merupakan makanan dengan kandungan senyawa fenolik, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi cokelat hitam dapat bantu melawan flu – ini berkaitan dengan zinc, yang juga terkandung dalam cokelat hitam.

Dark chocolate pun juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, selama dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

 

Sayap Ayam

5 Camilan Sehat yang Dapat Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: healthylittlepeach.com

Wah, siapa sih yang tidak menyukai sayap ayam? Tak hanya karena mudah diolah dan rasanya yang nikmat, tetapi sayap ayam juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat, lho. Tidak tanggung-tanggung, sayap ayam pun dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi ingat – agar manfaatnya tetap bisa dirasakan, sebaiknya hindari mengolah sayap ayam menggunakan minyak yang berlebihan ya.

 

Smoothie Matcha Mint

Matcha dikenal dengan kandungan antioksidan – lebih tepatnya polifenol, yang berperan untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, sekaligus memelihara imunitas tubuh agar tetap optimal.

Kemudian, sayuran bewarna hijau juga memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Kamu bisa mengolah sejumlah bahan tersebut menjadi smoothie, yang diberi tambahan daun mint dan madu.

 

Almond

Berdasarkan penelitian dari Institute of Food Research di Norwich dan Policlinico Universitario, Italia – ditemukan bahan kimia alami pada kulit almond, yang dapat meningkatkan respons imunitas tubuh terhadap infeksi virus.

Dalam kata lain, kulit almond dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam mendeteksi virus, mencegah virus tidak melakukan replikasi dan menyebar ke dalam tubuh, sekaligus memelihara imunitas secara maksimal.

 

 

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Juga Bisa Dilakukan Dengan….

5 Camilan Sehat yang Dapat Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh / Credit: dailysabah.com

Selain mengonsumsi deretan camilan di atas, meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, termasuk rutin berolahraga, istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan kelola stres dengan baik.

Agar maksimal, kamu pun disarankan buah dan sayur.

Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, kamu sangat disarankan untuk minum multivitamin untuk penuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Kamu direkomendasikan konsumsi Enervon-C secara rutin.

Mengapa Enervon-C? Karena multivitamin Enervon-C mengandung sejumlah vitamin baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat energi yang lebih tahan lama.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, jika ingin lebih maksimal, minum Enervon-C Effervescent – mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberi sensasi segar.

Tak perlu khawatir mengonsumsi multivitamin setiap hari – pasalnya, vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin larut air. Sehingga, zat yang tidak diperlukan tubuh dapat dikeluarkan melalui urin dan tak mengendap di dalam tubuh.

 

 

 

Tunggu apa lagi? Agar daya tahan tubuh makin terjaga dan tetap sehat, kamu bisa mulai mengonsumsi sejumlah camilan sehat di atas ya. Lalu, imbangi dengan pola hidup sehat lainnya – agar khasiatnya dapat dirasakan secara optimal.

 

Featured Image  - klikdokter.com