Dalam menyelesaikan pekerjaan, sudah tentu membutuhkan berpengaruh pada kesuksesan, sekaligus menguntungkan perusahaan.

Meski demikian, kerja sama dengan rekan satu tim bukan hal yang mudah. Mengingat, dalam satu tim ada berbagai pemikiran yang berbeda tiap orangnya. Yang perlu kamu ketahui – kerja sama tim merupakan poin penting dalam perkembangan karir kamu ke depannya.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjalin kerja sama dengan teman kerja satu kantor? Langkah apa saja yang perlu diterapkan, sehingga semua pihak dapat diuntungkan?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Cara Mudah Kerja Sama Dengan Teman Sekantor

Ingin Miliki Hubungan Kerja Sama yang Baik Dengan Rekan Kerja? Begini Cara Mudahnya! / Credit: potential.com

Sikap dan Etika Kerja

Yang pertama, kamu perlu memperhatikan sikap dan etika kerja. Pastikan kamu selalu bersikap baik dan profesional. Hal ini pun perlu diterapkan sejak awal kamu masuk kerja ya. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah memahami budaya, sekaligus lingkungan kerja sekitar.

 

Cari Informasi dan Pahami Target

Selanjutnya, kamu mesti mencari tahu dalam tim apa kamu akan bekerja, lalu apa saja yang akan menjadi tanggung jawab tim tersebut. Hal ini penting dipahami sejak awal.

Agar lebih jelas, tanyakan pada atasanmu – apa saja yang perlu dilakukan? Dan apa yang menjadi tujuan dari kerja sama tim tersebut? Mengetahui hal ini dapat membantumu lebih mudah bekerja sama, sekaligus bisa ikut berkontribus dalam mencapai tujuan.

 

Ingin Miliki Hubungan Kerja Sama yang Baik Dengan Rekan Kerja? Begini Cara Mudahnya! / Credit: this.deakin.edu.au

Tanyakan Pembagian Tugas

Penting pula bagimu untuk menanyakan soal tugas-tugas yang perlu kamu kerjakan, sekaligus tanggung jawabmu. Kalau sudah memahami, kamu bisa berkontribusi secara maksimal di dalam tim kerja. Jadi, kerja sama pun dapat diterapkan dengan baik.

 

Sampaikan Pola dan Kemampuan Kerja

Kamu dapat berdiskusi dengan atasan mengenai pola kerja dan kemampuan yang bisa kamu berikan terhadap perusahaan. Hal ini akan memudahkanmu dalam beradaptasi, baik terhadap pekerjaan maupun tim kerja kamu.

 

Ingin Miliki Hubungan Kerja Sama yang Baik Dengan Rekan Kerja? Begini Cara Mudahnya! / Credit: good.co

Aktif Dalam Berbagai Aktivitas

Ingat, kamu juga perlu berbaur dengan seluruh lingkungan kantor lho, bukan hanya tim kerja saja. Untuk itu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan orang lainnya, misalnya dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan di perusahaan.

 

Bersikap Profesional

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan – pastikan kamu selalu bersikap dewasa dan profesional. Kedua poin ini tak boleh kamu lupakan! Dalam pekerjaan tentu kamu akan menghadapi masalah, jadi kamu pun dituntut untuk bisa menyikapinya secara dewasa.

Hindari berbagai sikap yang bisa merugikan dirimu sendiri, seperti emosional, keras kepala, egois, atau bahkan tidak disiplin.

 

 

 

Dapat beradaptasi sekaligus menerapkan kerja sama dengan tim yang baik – memang perlu dilakukan. Ini bertujuan agar target yang sudah ditentukan dapat dicapai dengan baik. Selain itu, kerja sama dengan tim juga dapat membantumu meraih karir yang cemerlang di kemudian hari.

 

Featured Image - forbes.com