Musim hujan memang identik dengan ancaman berbagai macam penyakit. Mulai dari flu, batuk, hingga diare. Belum lagi, musim hujan kali ini dibarengi dengan pandemi Covid-19. Kondisi tersebut membuat penyebaran virus semakin rentan terjadi.

Meskipun berbagai macam penyakit bisa menyerang kapan saja. Namun, di musim hujan, biasanya sejumlah penyakit umumnya mengalami peningkatan. Mengingat, penularan penyakit lebih mudah terjadi dalam kondisi lembap, begitu pula dengan tubuh yang lebih rentan sakit selama musim hujan.

Selain itu, masih ada sejumlah alasan lainnya – mengapa tubuh lebih mudah sakit di musim hujan. Deretan alasan ini wajib kamu perhatikan, sehingga langkah pencegahan dapat diterapkan.

 

 

 

Mengapa Tubuh Rentan Sakit Selama Musim Hujan?

Musim Hujan Kerap Sebabkan Tubuh Gampang Sakit. Mengapa Demikian? / Credit: health.detik.com

Perubahan Suhu Ekstrem

Alasan pertama, karena adanya perubahan suhu yang drastis. Misalnya, ketika siang hari dan tidak hujan, cuaca pasti cenderung panas. Lalu, jika mendadak hujan, maka suhu pun ikut mengalami penurunan.

Perubahan suhu tersebutlah yang memaksa tubuh beradaptasi dan dapat memengaruhi sistem kekebalan.

 

Kurang Aktivitas Fisik

Selama musim hujan, tak bisa dipungkiri kalau kamu jadi lebih jarang berolahraga. Berdiam diri dan bermalas-malasan – merupakan dua kegiatan yang cenderung dipilih. Padahal, olahraga merupakan salah satu poin penting dalam menjaga daya tahan tubuh, lho.

Jarang berolahraga, terlebih selama musim hujan dapat menyebabkan tubuh kurang fit dan akhirnya mudah terserang penyakit.

 

Musim Hujan Kerap Sebabkan Tubuh Gampang Sakit. Mengapa Demikian? / Credit: sehatq.com

Kurang Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari – merupakan hal baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang, serta mendukung kerja enzim di dalam tubuh. Jika tubuh kurang terpapar sinar matahari, daya tahan tubuh pun bisa menurun.

 

Penyebaran Virus Lebih Mudah

Kondisi lembap selama musim hujan – dapat menyebabkan virus dan bakteri menyebar lebih cepat. Hal ini pun bisa makin buruk dengan kebiasaan berdiam diri di dalam ruangan. Maksudnya, semakin banyak orang yang berkumpul dalam satu ruangan dalam durasi yang lama, maka semakin cepat pula penularan penyakit terjadi.

 

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Musim Hujan Kerap Sebabkan Tubuh Gampang Sakit. Mengapa Demikian? / Credit: liputan6.com

Tak perlu khawatir, karena kamu dapat mencegah terserang berbagai macam penyakit selama musim hujan. Kamu dianjurkan untuk menerapkan sejumlah tips sehat, seperti:

Vitamin C memang sudah dikenal perannya dalam menjaga imunitas tubuh. Untuk itu, penting bagimu tetap memenuhi kebutuhannya setiap hari, terlebih di musim hujan. Selain dari buah dan sayuran, asupan vitamin C bisa diperoleh dari multivitamin.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Mengapa demikian?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

 

 

 

Kunci utama agar tetap sehat selama musim hujan, yaitu menerapkan pola hidup sehat yang bersih. Dengan begitu, daya tahan tubuh semakin terjaga dan kamu pun tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Featured Image - klikdokter.com