Salah satu jenis yang termasuk dalam vitamin B kompleks adalah pembentukan energi tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga penting untuk membantu proses penyerapan vitamin B12 dalam tubuh. Jadi, jika kamu kekurangan vitamin B6 – kemungkinan ada organ tubuh yang tidak bisa bekerja secara optimal.

Intinya, memenuhi kebutuhan vitamin B6 penting sekali dilakukan. Untuk memenuhinya, kamu bisa menemui sumber vitamin B6 pada sejumlah makanan, hingga mengonsumsi multivitamin tertentu.

Tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan otak dan saraf – vitamin B6 juga penting dipenuhi kebutuhannya setiap hari karena berbagai alasan baik lainnya. Jika tidak terpenuhi dengan baik, kemungkinan kamu bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan. Apa saja?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Mengapa Vitamin B6 Mesti Dipenuhi Setiap Hari?

Vitamin B6 Baik Untuk Imunitas dan Hasilkan Energi, Ketahui Tanda Kekurangannya / Credit: idntimes.com

Vitamin B6 juga memiliki peran penting dalam membantu fungsi tubuh lainnya, seperti:

  • Membantu proses pembentukan sel darah merah – ini dilakukan dengan meningkatkan produksi hemoglobin
  • Meningkatkan metabolisme karbohidrat
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung
  • Membantu meredakan mual ketika masa kehamilan
  • Membantu proses detoksifikasi pada organ hati

Selain itu, vitamin B6 juga dianggap mampu mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS). Berdasarkan hasil penelitian pada 94 wanita yang mengonsumsi vitamin B6 – menunjukkan adanya penurunan yang cukup signifikan terhadap gejala PMS, termasuk meredam emosi, kembung, dan gelisah.

 

 

 

Bagaimana Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B6?

Vitamin B6 Baik Untuk Imunitas dan Hasilkan Energi, Ketahui Tanda Kekurangannya / Credit: gslab.co.id

Kekurangan vitamin B6 umumnya tidak menimbulkan gejala yang siginifikan, tetapi jika defisiensi vitamin B6 terjadi dalam waktu berkepanjangan – maka kamu bisa mengalami gangguan kesehatan, di antaranya:

Adapun kondisi kesehatan yang dapat mengganggu penyerapan vitamin B6 sehingga meningkatkan risiko defisiensi piridoksin, di antaranya:

  • Penyakit ginjal
  • Gangguan autoimun sistem pencernaan, seperti celiac dan Crohn
  • Gangguan peradangan autoimun, seperti rheumatoid arthritis

 

 

 

Sumber Vitamin B6 Terbaik

Vitamin B6 Baik Untuk Imunitas dan Hasilkan Energi, Ketahui Tanda Kekurangannya / Credit: lauriegoldmanmd.com

Setelah mengetahui sejumlah manfaat penting vitamin B6 dan berbagai risiko yang mungkin ditimbulkan ketika kamu kekurangan vitamin tersebut – sudah jelas bahwa kamu mesti mengonsumsinya setiap hari ya.

Lalu, apa saja sumber vitamin B6 yang bisa kamu konsumsi setiap hari

Berdasarkan situs Jovee.id – sumber vitamin B6 bisa ditemukan pada makanan sehari-hari, baik dari hewani maupun produk nabati. Mulai dari ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, buah-buahan non sitrus. Buah-buahan tersebut meliputi alpukat, pepaya, dan pisang.

Untuk memudahkanmu, kamu bisa dapatkan vitamin B6 dan merasakan manfaat yang sama – hanya dengan minum multivitamin yang bisa bantu jaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh – seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – untuk bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh mendapat energi yang lebih tahan lama.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dan memiliki sensasi segar.

 

Dari penjelasan di atas, kamu memang dianjurkan mengonsumsi rutin berbagai sumber vitamin B6 untuk menunjang kesehatan tubuhmu!

 

Featured Image - jovee.id