Berbagai aktivitas fisik, mulai dari aktivitas olahraga memang sedang gencarnya diterapkan oleh banyak orang, mengingat manfaatnya yang baik untuk menjaga imunitas tubuh, sekaligus menunjang kesehatan.

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membuat tubuhmu lebih bugar, hingga bantu menurunkan berat badan! Tapi, tahukah kamu bahwa tidak semua olahraga cocok untukmu?

Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui berbagai tanda kalau olahraga yang kamu lakukan tidak tepat. Dengan begitu, aktivitas fisik yang kamu lakukan pun tidak sia-sia, atau bahkan malah menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Lalu, apa saja tanda yang mungkin ditimbulkan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Tanda Kamu Salah Melakukan Olahraga

Alami 4 Tanda Ini? Bisa Jadi Cara Olahraga Kamu Salah! / Credit: alodokter.com

Tidak Ada Perubahan

Ini merupakan tanda yang paling jelas terlihat, yaitu tidak adanya perubahan yang kamu rasakan. Mulai dari tubuhmu yang tak bertambah kuat, atau tingkat energi yang tidak kunjung membaik. Jika kamu merasakan hal ini – maka kemungkinan kamu salah berolahraga!

 

Latihan Terasa Menyiksa

Merasa sedikit sakit ketika sedang berolahraga wajar sekali dialami. Tetapi, jika sesi latihan yang dilakukan justru membuatmu merasa sakit hingga cedera – mungkin kamu perlu mengganti jenis olahraga yang dilakukan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan, yaitu berhenti melakukan olahraga yang membuatmu tersiksa, sehingga kamu pun tidak cedera atau mengalami dampak buruk lainnya.

 

 

Jatuh Sakit

Alami 4 Tanda Ini? Bisa Jadi Cara Olahraga Kamu Salah! / Credit: health.kompas.com

Kalau kamu merasa seperti ‘melukai’ tubuh setelah berolahraga, kemungkinan jenis aktivitas fisik tersebut kurang cocok untuk kamu. Hal ini bisa disebabkan oleh intensitas maupun tingkat kekuatan yang kurang cocok.

Kamu mesti segera menghentikan olahraga tersebut ya! Sebab, jika kamu tetap memaksakannya, kamu bisa jatuh sakit hingga mengalami cedera pada salah satu bagian tubuhmu.

 

Merasa Tidak Nyaman

Apakah kamu merasa tak nyaman saat mendekati waktu olahraga? Bisa jadi kamu tidak cocok dengan jenis olahraga yang sedang kamu geluti tersebut. Cobalah mencari alternatif olahraga lainnya – yang bisa memberi rasa nyaman ketika kamu melakukannya.

 

 

 

Apakah kamu merasakan keempat tanda-tanda di atas? Jika iya, segera hentikan aktivitas fisik tersebut sebelum kamu mengalami cedera ya! Kemudian, kamu dapat mencoba berbagai olahraga lain yang sekiranya lebih cocok untuk kamu.

 

Featured Image - parenting.orami.co.id