Pandemi Covid-19 sudah mulai menemukan titik terang – hal ini berkaitan dengan vaksin virus corona yang rencananya akan segera diedarkan. Sejumlah kandidat potensial vaksin Covid-19 sedang menjalani fase uji klinis tahap tiga, sebelum akhirnya dapat diberikan kepada masyarakat.

Sebagian besar orang mungkin bertanya-tanya, “kapan vaksin dapat segera diedarkan?” Jawabannya, mungkin dalam waktu dekat ini. Mengapa demikian? Dilansir dari Detik.com, menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyampaikan bahwa kandidat vaksin corona dapat diberikan ke masyarakat, dengan catatan vaksin digunakan sebagai hal darurat atau emergency use authorization (EUA).

Tetapi, vaksi mesti tetap memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan terlebih dahulu, sebelum akhirnya mendapatkan izin EUA.

 

 

 

Sejumlah Syarat Untuk Mendapat Emergency Use Authorization (EUA)

Syarat dan Ketentuan Vaksin Covid-19 yang Perlu Diketahui / Credit: finance.detik.com

Dijelaskan bahwa syarat utama vaksin mendapat izin EUA – yaitu, dapat memenuhi aspek khasiat dan kemanan. Kedua poin tersebut bisa didapatkan dari data uji klinis vaksin tahap tiga yang kini masih berlangsung.

Dari aspek khasiat, dikatakan ada dua kriteria yang mesti dipenuhi oleh kandidat vaksin Covid-19. Berikut ini kedua aspek tersebut:

  • Imunogenisitas. Yaitu, kemampuan vaksin dalam membentuk antibodi dalam tubuh. Antibodi tersebut berperan untuk memerangi sekaligus menetralisasi virus yang menyerang.
  • Efikasi alias kemanjuran. Ini menyangkut kemampuan vaksin dalam memberikan perlindungan dari paparan virus. Poin kemanjuran dapat dilihat setelah seseorang sudah diberi vaksin dan kembali ke lingkungan masyarakat.

Sementara, dalam aspek keamanan, dikatakan bahwa keamanan vaksin dapat dilihat dan ditinjau melalui ada atau tidaknya efek samping yang mungkin muncul setelah masyarakat mendapatkan vaksin.

Dan, hal terpenting yang juga perlu diperhatikan, yaitu kandidat vaksin perlu memenuhi standar mutu yang berlaku sebelum diberikan izin UEA. Jika kandidat vaksin dapat penuhi sejumlah syarat tersebut – maka bisa mendapatkan UEA.

Saat ini, selama vaksin masih belum dapat diedarkan, masyarakat diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan, yaitu 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Ketiga poin tersebut penting dilakukan untuk mengurangi laju penularan Covid-19. 

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com