Kesehatan ibu hamil memang perlu dijaga, bahkan semenjak trimester awal. Hal ini dilakukan agar ibu dan anak dalam kandungan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, mapun masalah lain yang tidak diinginkan.

Untuk itu, mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil sangat dianjurkan selama masa kehamilan. Selain vitamin C – yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil lainnya yang juga perlu dipenuhi, yaitu vitamin B kompleks.

Selain baik untuk sang ibu, memproduksi energi lebih banyak. Perlu diketahui – selama masa kehamilan, ibu membutuhkan energi yang lebih besar dibanding sebelumnya, lho.

Lebih lanjut mengenai memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil – vitamin B kompleks masih memiliki segudang manfaat baik lainnya, terlebih di awal masa kehamilan. Apa saja manfaat tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Manfaat Vitamin B Kompleks Selama Masa Kehamilan

B Kompleks, Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Penting Dipenuhi / Credit: ayosemarang.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tak hanya vitamin C saja yang penting untuk memelihara kekebalan tubuh, tetapi vitamin B kompleks juga sama pentingnya, lho. Agar ibu hamil tetap sehat, maka dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks secara rutin.

Jika kesehatan sang ibu sudah terjaga, maka kesehatan janin dalam kandungan pun semakin optimal!

 

Menjaga Sistem Syaraf

Perlindungan terhadap sistem syaraf selama masa kehamilan penting dilakukan. Sebab, tak jarang ibu hamil mengalami berbagai gangguan sistem syaraf, seperti nyeri perut, pusing, hingga kram pada otot.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin B kompleks – sejumlah keluhan tersebut pun dapat dicegah. Lebih spesifiknya, ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan vitamin B5, yang bisa diperoleh dari brokoli, kuning telur, beras merah, dan kacang mete.

 

Mengurangi Kerontokan Rambut

B Kompleks, Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Penting Dipenuhi / Credit: klikdokter.com

Hormon yang tidak seimbang selama masa kehamilan seringkali menyebabkan sejumlah perubahan – yang paling sering dialami adalah rambut rontok dan kuku menjadi rapuh.

Di sini vitamin untuk ibu hamil, lebih tepatnya vitamin B7 dapat bantu mengatasi bahkan mencegah terjadinya masalah tersebut. Seperti diketahui, vitamin B7 memang dikenal manfaatnya dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit.

 

Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Orangtua mana sih yang tak ingin anaknya terlahir dengan kondisi yang sehat? Setiap orangtua pasti menginginkan hal ini ya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan anak sejak masa kehamilan perlu dilakukan.

Selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin, terutama vitamin B9 alias asam folat – yang dapat membantu menghindari terjadinya berbagai risiko buruk pada janin, seperti kondisi bayi yang terlahir cacat.

Tak hanya itu, vitamin B9 juga penting untuk mendukung kecerdasan anak, bahkan sejak dalam kandungan.

 

Mengurangi Terjadinya Gangguan Pencernaan

Vitamin untuk ibu hamil yang dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pencernaan, yaitu vitamin B6. Sejumlah vitamin tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan, meredakan rasa pusing yang sering terjadi selama masa kehamilan, dan mengurangi rasa mual.

Deretan vitamin tersebut dapat ditemui pada beberapa sumber makanan, seperti biji bunga matahari, ikan tuna, ubi jalar, alpukat, dan tomat.

 

 

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks Selama Masa Kehamilan

B Kompleks, Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Penting Dipenuhi / Credit: medium.com

Untuk memeuhi kebutuhan vitamin B kompleks, ibu hamil disarankan mengonsumsi sejumlah sumber makanan yang kaya akan vitamin tersebut. Dilansir dari Sehatq.com – vitamin B kompleks dapat ditemui pada daging sapi, susu dan olahannya, telur, hati sapi, tiram, daging ayam, dan sayuran hijau.

Tetapi, agar kandungan vitamin tetap terjaga – pastikan kamu sudah mengolahnya dengan benar ya. Terlebih, untuk sayuran berwarna hijau. Kamu disarankan untuk mengukus sayuran, dibanding merebusnya.

Selain dari sumber makanan, kebutuhan vitamin B kompleks juga bisa diperoleh dengan rutin minum multivitamin, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin ini dapat bantu menjaga daya tahan tubuh kamu selama masa kehamilan.

Lalu, vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuhmu bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Kamu tak perlu khawatir untuk mengonsumsi multivitamin setiap hari ya. Sebab, kandungan vitamin dalam Enervon-C merupakan jenis vitamin larut air yang mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, sisa zat yang tak dibutuhkan akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, tidak ada sisa vitamin yang mengendap di dalam tubuh!

 

 

 

Dari penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil, lebih tepatnya vitamin B kompleks memang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan ya. Tapi, sebelum mengonsumsi vitamin tertentu, ibu hamil tetap perlu mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

 

Featured Image - ngovee.com