Menjelang akhir tahun tak sedikit masyarakat yang mulai merencanakan liburan. Meski belum disarankan untuk bepergian ke luar rumah, mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tetapi sebaiknya kamu mengetahui sejumlah informasi dari berbagai kota yang kerap kali jadi destinasi wisata populer. Mungkin, kamu sedang merencanakan perjalanan ke salah satu kota tersebut.

Yang termasuk dalam kota destinasi wisata saat liburan akhir tahun, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Di masa pandemi, menggunakan transportasi umum.

 

 

Apakah kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun ke Bandung atau Bandung Barat? Sebaiknya ditahan dahulu. Sebab, kawasan tersebut sedang masuk dalam zona merah dan masyarakat luar Bandung tidak disarankan mengunjungi kota tersebut.

Selain itu, Bandung juga sedang memberlakukan PSBB proposional. Dengan begitu, akan ada sejumlah pembatasan, termasuk operasional tempat wisata.

 

Aturan Ketat Juga Diterapkan Solo

Berbagai Aturan Libur Akhir Tahun Di Sejumlah Kota Selama Pandemi / Credit: yogya.inews.id

Begitu pula dengan kota Solo, bagi masyarakat yang ingin mengunjungi kota ini – sebaiknya ditunda dahulu. Sebab, pemerintah setempat sedang memberlakukan kembali aturan karantina bagi para pengjungung yang nekat datang pada liburan akhir tahun 2020.

Para pengunjung mesti menjalani masa karantina, setidaknya selama 14 hari yang berlokasi di Benteng Vastenburg. Untuk aturan ini akan berlaku mulai tanggal 15 Desember 2020.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Solo juga akan bekerja sama dengan kepala terminal, stasiun, dan bandara untuk memantau para pengunjung. Lalu, pihak Pemkot turut membentuk Satgas pemantau yang bertugas di sejumlah pintu masuk Kota Solo, seperti Makutha, Kleco, Sumber, dan Jurug.

 

Bali dan Yogyakarta Menerapkan Aturan yang Berbeda

Berbagai Aturan Libur Akhir Tahun Di Sejumlah Kota Selama Pandemi / Credit: antarafoto.com

Berbeda dengan Bandung dan Solo, Bali memiliki autran yang lebih longgar. Hanya saja, kapasitas pengunjung tetap dibatasi. Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke Bali juga diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Aturan serupa juga akan diterapkan oleh Yogyakarta. Masyarakat yang akan berkunjung ke Yogyakarta juga diminta untuk memanfaatkan aplikasi Visiting Jogja sebelum berkunjung ke destinasi wisata di kota tersebut. Aplikasi ini memungkinkan wisatawan melakukan reservasi, sehingga tak perlu mengantre.

Yang terpenting, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Mengingat, prokes merupakan kunci utama perlindungan diri selama libur akhir tahun 2020.

 

 

 

Featured Image - lokadata.id

Source - liputan6.com