Liburan akhir tahun akan segera tiba! Meski di tengah pandemi, ternyata masih banyak lho masyarakat yang tetap merencanakan liburan. Apakah kamu salah satunya? Kalau begitu, deretan tips meningkatkan daya tahan tubuh sebelum bepergian wajib kamu terapkan.

 

 

 

Selama pandemi, menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh merupakan poin terpenting. Mengingat, virus lebih mudah menyerang individu dengan imunitas yang lemah. Jika kekebalan tubuhmu sudah baik, maka risiko terinfeksi virus pun bisa diminimalisir.

Dilansir dari IDN Times, berikut ini lima tips meningkatkan daya tahan tubuh sebelum liburan yang patut kamu terapkan!

 

5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebelum Berlibur Di Akhir Tahun

Sebelum Berlibur, Yuk Terapkan 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini / Credit: doktersehat.com

Jaga Pola Makan

Tahukah kamu bahwa pola makan juga berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh? Jika asupan makanan yang kamu konsumsi kaya akan gizi dan bernutrisi – maka daya tahan tubuh akan semakin kuat!

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang justru dapat melemahkan imunitas ya, seperti makanan terlalu pedas, makanan berlemak, hingga mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan garam.

 

Istirahat Cukup

Poin ini penting terlebih bagi kamu yang akan melakukan road trip di liburan akhir tahun nanti. Pastikan kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup ya. Sebab, tidur berkualitas dapat membuat metabolisme tubuh semakin baik – dengan begitu, gangguan kesehatan pun bisa dihindari, bahkan selama liburan nanti.

 

Bebaskan Diri Dari Stres

Sebelum Berlibur, Yuk Terapkan 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini / Credit: hellosehat.com

Rasa stres yang berlebihan ternyata juga punya andil dalam menurunkan sistem kekebalan tubuh, lho. Jadi, sebaiknya kelola rasa stres yang kamu alami dengan baik. Tenangkan dirimu dan alihkan rasa stres dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

 

Sempatkan Berolahraga

Agar badan makin fit dan bugar, kamu disarankan untuk rutin berolahraga. Tak perlu yang terlalu berat kok, kamu cukup lakukan olahraga dengan intensitas ringan, seperti senam aerobik sederhana, jogging, atau sejumlah bentuk kardio ringan lainnya.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap sesinya. Kegiatan ini dapat membuat tubuhmu makin fit dan kamu pun merasa lebih fresh.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin

Sebelum Berlibur, Yuk Terapkan 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini / Credit: idntimes.com

Dalam hal ini, kamu disarankan memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari ya. Seperti diketahui, vitamin C merupakan nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selama liburan, tentu kamu ingin tetap kesehatanmu terjaga, kan?

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini penting untuk mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung.

Memenuhi kebutuhan vitamin C bisa diterapkan dengan mengonsumsi sejumlah buah dan sayuran. Seperti, jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, mangga, bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun sayangnya, dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C, untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Cara ini pun lebih praktis, cocok untuk kamu yang memiliki berbagai aktivitas padat setiap harinya.

Mengapa kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C setiap hari?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

 

 

 

Tunggu apa lagi? Sekarang sudah saatnya kamu mulai menerapkan kelima tips meningkatkan daya tahan tubuh di atas ya, sehingga ketika liburan nanti tubuhmu tetap fit serta tidak mudah sakit!

 

Featured Image - honestdocs.id