Sampai saat ini, pemerintah masih terus mengupayakan penyediaan vaksin virus corona di Indonesia. Sejumlah pihak meyakini vaksin akan tersedia di akhir tahun 2020, atau selambat-lambatnya di awal tahun 2021 mendatang.

Menyambut kabar baik mengenai vaksin tersebut, pemerintah pun turut menyusun langkah produksi, sekaligus skema vaksinasi yang akan dilakukan.

Sebelum masuk ke informasi mengenai skema vaksin – dalam hal ini panduan berserta cara pemberian vaksin yang efektif. Perlu diketahui terlebih dahulu daftar prioritas penerima vaksin Covid-19. Menurut hitungan Kemenkes, setidaknya Indonesia membutuhkan 320 juta vaksin.

 

 

 

Dalam jumlah vaksin tersebut akan diberikan pada lima kelompok yang menjadi prioritas, di antaranya:

  1. Garda terdepan, seperti petugas medis dan paramedis contact tracing, pelayanan publik termasuk TNI, Polri, dan aparat hukum.
  2. Tokoh agama dan masyarakat, perangkat daerah dari RT/RW hingga kecamatan, serta sebagian pelaku ekonomi.
  3. Seluruh tenaga pendidik dari PAUD hingga Perguruan Tinggi.
  4. Aparatur pemerintah, baik pusat, daerah, dan lembaga legislatif/DPR.
  5. Peserta BPJS PBI, yaitu penerima jaminan kesehatan bagi orang yang kurang mampu.

Di luar dari kelompok prioritas, vaksin Covid-19 rencananya akan diberikan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi dengan kapasitas 57,7 juta jiwa. Rencananya vaksinasi akan dimulai dari bulan Januari 2021 mendatang, dan diharapkan bisa selesai di bulan Maret 2022.

Saat ini, sudah ada tiga kandidat vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat, yaitu Sinovac, Sinophram, dan Genexine-GX19.

 

Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia, Begini Deretan Rencananya / Credit: halodoc.com

Pedoman Vaksin Dari WHO

Memasuki informasi mengenai pedoman vaksin, kali ini berdasarkan ketentuan WHO – dilansir dari KlikDokter.com, WHO menginstruksikan prioritas vaksin kepada tiga kelompok, yaitu petugas yang ada di garda terdepan, tenaga medis, dan polisi.

Direktur Jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa diharapkan vaksin corona sudah benar-benar bisa tersedia di akhir tahun 2020. Selain itu, ia juga meminta keadilan dalam pembagian vaksin secara merata.

 

Pemberian Vaksin yang Efektif

Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia, Begini Deretan Rencananya / Credit: cnnindonesia.com

Adapun langkah yang efektif atas pemberian vaksin, disarankan masyarakat dapat mengulang vaksin, setidaknya satu kali. Artinya, masyarakat yang sudah vaksin, perlu mendapat vaksin berikutnya. Jika tidak, hal ini justru akan percuma.

Saat ini, Kemenkes juga sudah merilis prosedur vaksinasi – yaitu, vaksin akan diberikan dua dosis per orangnya dengan jarak minimal 14 hari. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekebalan terhadap Covid-19 secara optimal.

 

 

 

Yang perlu diketahui – meski nantinya vaksin akan segeda diedarkan, masyarakat tetap disarankan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antar individu.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - klikdokter.com