Apakah kamu berniat untuk membangun rumah di tahun 2021 mendatang? Wah, sudah waktunya kamu mulai mengumpulkan uang nih! Berbagai tips menabung di bawah ini – bisa kamu coba terapkan dan digunakan untuk bangun rumah.

 

 

 

Memang, membangun rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, tak jarang pula orang yang mengalami kesulitan – terlebih dalam hal keuangan, ketika dalam proses membangun rumah. Sebagian orang merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan keluarga, apalagi menabung.

Tapi kamu tak perlu minder! Sebab, semua hal pasti membutuhkan proses kok, termasuk menabung untuk membangun rumah impianmu. Hal ini tidak mustahil, lho. Intinya, kamu hanya perlu perencanaan yang matang, sekaligus konsisten dalam menabung.

Biar proses menabung kamu makin mudah – yuk, coba deh terapkan keenam tips menabung di bawah ini! Siapa tahu bisa bantu kamu.

 

Berniat Membangun Rumah Di Tahun 2021? Yuk, Terapkan 6 Tips Menabung Ini / Credit: wolipop.detik.com

Manfaatkan Bonus

Apakah kamu sudah mendapat bonus tahunan? Segera disisihkan dan tabung uangnya untuk membangun rumah ya! Jika kamu konsisten tidak menggunakan bonus – atau digunakan hanya buat keperluan mendesak saja, dana tersebut pasti bisa ditambahkan ke anggaran bangun rumah.

 

Investasi

Tips menabung berikutnya, yaitu dengan investasi. Dalam hal ini kamu disarankan investasi pada reksadana atau emas – sebab bunga yang didapat bisa lebih besar dari tabungan reguler. Nah, hasil dari bunga tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengejar inflasi tahunan yang membuat harga terus naik.

Uang tersebutlah yang nantinya bisa kamu kumpulkan untuk membangun rumah impianmu!

 

Tabungkan Uang Receh

Berniat Membangun Rumah Di Tahun 2021? Yuk, Terapkan 6 Tips Menabung Ini / Credit: woop.id

Sayangnya masih banyak orang yang meremehkan uang receh, nih. Padahal, mengumpulkan uang receh dapat memberi dampak besar, bahkan dimanfaatkan untuk membeli sejumlah barang ketika membangun rumah.

Jadi, mulai sekarang ubah kebiasaan membiarkan uang receh ya. Setelah berbelanja, simpan uang receh ke dalam wadah tertentu. Percaya deh, lama kelamaan uang tersebut akan semakin banyak dan dapat kamu manfaatkan.

 

Hidup Hemat

Ingin menabung tapi sulit karena lifestyle? Memang sih, hal ini seringkali membuatmu sulit menabung – bahkan justru jadi boros. Tapi, ingat kembali impianmu untuk membangun rumah. Sudah saatnya kamu mulai berhemat, kurangi menghamburkan uang untuk hal yang kurang penting.

 

Pilih Momen Tepat

Berniat Membangun Rumah Di Tahun 2021? Yuk, Terapkan 6 Tips Menabung Ini / Credit: arsicad.id

Kamu juga perlu memilih momen yang tepat ya untuk membangun rumah. Ini wajib dipertimbangkan, sehingga tidak ada pengeluaran besar dalam waktu bersamaan.

Selain itu, hindari membangun rumah ketika menjelang hari besar – sebab, pada momen ini biasanya harga bahan bangunan dan jasa tukang akan naik.

 

Dana Cadangan

Tips menabung terakhir yang bisa kamu terapkan – jangan lupa siapkan dana cadangan! Hal ini diperlukan, karena bisa saja budget melenceng dari estimasi anggaran yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Siapkan dana cadangan setidaknya 10 persen dari total anggaran ya.

 

 

 

Bagaimana nih? Apakah kamu sudah siap membangun rumah impianmu di tahun 2021 mendatang? Yuk, mulai terapkan keenam tips menabung di atas untuk bantu kamu!

 

Featured Image - lintasusaha.com