Liburan akhir tahun akan segera tiba! Meski kini masa pandemi Covid-19 masih terus berlangsung – ini bukanlah penghalang bagi masyarakat yang ingin bepergian dan berlibur. Apakah kamu juga sedang merencanakan liburan akhir tahun?

Selain berlibur, tak sedikit pula orang yang merencanakan kegiatan berkumpul nih!

Ingat, jangan lupa untuk terus menerapkan langkah pencegahan Covid-19 ya agar kamu dan orang terdekat tetap terlindungi dari paparan virus berbahaya.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, berikut ini sejumlah tips aman yang perlu kamu terapkan saat berlibur di akhir tahun.

 

 

 

6 Tips Aman Liburan Akhir Tahun Saat Pandemi

Segera Rayakan Pergantian Tahun Di Tengah Pandemi, Terapkan 6 Tips Aman Ini / Credit: travel.kompas.com

Memakai Masker

Poin pertama, kamu wajib memakai masker saat bepergian. Pastikan kamu memakai masker yang memiliki dua lapisan atau lebih. Jenis masker ini dianjurkan – sebab, sudah terbukti efektif dalam mencegah penularan virus.

Gunakan masker secara tepat, tutup bagian hidung dan mulut sampai ke bawah dagu. Dan, pilih masker yang sesuai dengan sisi wajahmu – tidak sempit, maupun tidak longgar.

 

Jaga Jarak

Kamu juga perlu menjaga jarak, setidaknya 1,5 meter dari orang yang tidak tinggal denganmu. Ingat, masih banyak orang yang dapat menularkan virus, meskipun dirinya tak mengalami gejala apapun alias OTG!

Menjaga jarak juga sangat penting dilakukan, terlebih dari orang-orang yang memiliki risiko tinggi.

 

Mencuci Tangan

Segera Rayakan Pergantian Tahun Di Tengah Pandemi, Terapkan 6 Tips Aman Ini / Credit: alomedika.com

Yang tak kalah penting – selalu rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Jika sedang bepergian, sediakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60 persen alkohol – ini digunakan untuk membersihkan tangan ketika tidak ada fasilitas cuci tangan ya.

 

Hadiri Pertemuan Dengan Aman

Bagaimana jika kamu ingin menghadiri pertemuan, misalnya berkunjung ke rumah sanak saudara? Kamu bisa lakukan beberapa hal ini:

  • Bawa makan, minum, serta peralatan makan sendiri.
  • Gunakan masker. Ketika makan, pastikan kamu sudah menyimpan masker dengan baik, sehingga masker tetap bersih.
  • Hindari keluar masuk area di mana makanan disiapkan, misalnya dapur.
  • Pertimbangkan memakai barang sekali pakai, misal peralatan makan sekali pakai.

 

Pastikan Tamu Aman dan Nyaman Saat Jadi Tuan Rumah

Segera Rayakan Pergantian Tahun Di Tengah Pandemi, Terapkan 6 Tips Aman Ini / Credit: damaiputra.com

Namun, bagaimana jika kamu yang jadi tuan rumah? Pastikan kamu sudah membatasi jumlah tamu yang datang. Lalu, sejumlah poin berikut ini juga perlu kamu terapkan ya!

  • Kalau rumahmu dilengkapi dengan pekarangan, kamu dapat pilih spot tersebut sebagai tempat untuk berkumpul. Sebab, risiko penularan lebih rendah di area terbuka.
  • Tapi, jika berkumpul di dalam rumah – usahakan untuk membuka jendela. Ini dapat bantu sirkulasi udara berjalan baik.
  • Batasi jumlah tamu yang datang.
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh.
  • Kamu dapat meminta tamu membawa minum dan makanan sendiri.
  • Jika tak memungkinkan, minta satu orang untuk menyajikan makanan. Dan gunakan alat makan sekali pakai.

 

Jaga Selalu Kesehatan

Yang juga penting diperhatikan, selalu jaga kesehatanmu ya. Dengan begitu, sistem imunitas pun bisa bekerja secara optimal. Mengingat, kekebalan tubuh merupakan perlindungan utama dari paparan virus, termasuk Covid-19.

Untuk itu, kamu sangat disarankan menjalani pola hidup sehat. Ini meliputi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi – berasal dari makanan yang kamu konsumsi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dan jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin harianmu ya! Sebab, beberapa jenis vitamin, terutama vitamin C dan vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam menjaga imunitas tubuh, lho.

Oleh karena itu, kamu sangat direkomendasikan minum multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap, seperti Enervon-C. Mengapa demikian?

Karena, Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi vitamin tersebut dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – nah, yang ini punya kandungan vitamin C 500 mg ya. Atau, bisa juga konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin 1000 mg. keduanya sama-sama efektif dalam menjaga imunitas tubuhmu, lho.

 

 

 

Apakah kamu akan segera berlibur atau berkumpul di liburan akhir tahun nanti? Selalu terapkan protokol kesehatan dan sejumlah tips di atas agar tetap aman dari paparan virus ya.

 

Featured Image - berkeluarga.id

Source - lifestyle.bisnis.com