Kamu pasti setuju kalau olahraga merupakan salah satu kegiatan baik yang dapat bantu menunjang kesehatan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Mengingat, imunitas sangat penting di kondisi pandemi Covid-19 – untuk itu, kamu perlu melakukan olahraga lebih rutin lagi.

Meski lebih sulit melakukan aktivitas fisik di luar rumah, tetapi kamu tetap bisa olahraga di rumah, lho! Jadi, lokasi bukan lagi alasan untuk kamu malas bergerak ya? Sebab, olahraga di rumah juga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan senantiasa bugar.

 

 

 

Tapi, apakah kamu masih suka merasa malas untuk olahraga di rumah? Bingung bagaimana caranya meningkatkan motivasimu?

Tenang, setidaknya ada lima poin motivasi yang wajib kamu ketahui dan pahami – kelima poin ini dapat bantu kamu makin semangat olahraga di rumah, lho!

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan baca di bawah ini ya.

 

5 Hal yang Dapat Tingkatkan Motivasi Olahraga Di Rumah

Olahraga Di Rumah Dapat Tingkatkan Kesehatan, Begini 5 Cara Untuk Tingkatkan Motivasimu / Credit: ramadan.tempo.co

Tetapkan Tujuan

Agar makin semangat olahraga di rumah – coba deh tetapkan tujuanmu terlebih dahulu. Tapi ingat, pastikan tujuanmu itu masih masuk akal ya. Misalnya, goal kamu adalah menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam waktu 3-4 bulan.

Hindari pula memaksakan berolahraga, sebab hal ini hanya membuatmu lebih mudah bosan. Kamu disarankan berolahraga 2-3 kali dalam seminggu, dengan durasi 20-30 menit setiap sesinya.

 

Fokus Pada Diri Sendiri

Ketika olahraga di rumah – hindari kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain ya. Jangan biarkan hal ini menghambat kamu mencapai tujuan. Yang terpenting, kamu tetap fokus pada goal dan kemajuan diri sendiri.

 

Minta Dukungan

Olahraga Di Rumah Dapat Tingkatkan Kesehatan, Begini 5 Cara Untuk Tingkatkan Motivasimu / Credit: lifestyle.okezone.com

Ingin rutinitas olahraga di rumah makin semangat? Kamu bisa minta dukungan dari orang sekitarmu – baik keluarga, teman, pasangan, hingga rekan kerja. Minta mereka tetap menyemangati kamu dalam melakukan gaya hidup sehat!

 

Pilih Olahraga

Biar kamu tidak cepat bosan, pastikan kamu memilih jenis olahraga yang menyenangkan ya. Jika tidak, motivasi kamu bakal cepet hilang – dan akhirnya malas berolahraga lagi!

Untuk mengakalinya, kamu dapat melakukan sejumlah latihan olahraga seru, seperti jogging di sekitar rumah, atau mengikuti kelas olahraga online. Selain itu, kamu juga bisa mengajak teman atau keluarga berolahraga.

 

Mulai Dari 7 Menit

Kalau kamu sering malas olahraga di rumah – coba deh kiat yang satu ini! Bagaimana caranya? Paksakan dirimu untuk melakukan olahraga, paling tidak selama 7 menit saja. Ini dapat menjadi acuan kecil yang bisa membawamu pada dampak besar, lho.

Setelah selesai, tanyakan pada dirimu “apakah masih mau lanjut?” Kalau iya, kamu bisa kembali meneruskan olahraga. Jika tidak, kamu bisa coba melakukan beberapa sesi latihan kecil lainnya sepanjang hari.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah tak ada lagi alasan kamu malas untuk olahraga meski di rumah saja ya? Lakukan olahraga secara rutin dan konsisten – dan rasakan berbagai manfaat baiknya!

 

Featured Image - blog.izistay.com