Peran ibu selama pandemi sangatlah besar – menyelesaikan pekerjaan, sekaligus mengurus hal yang berkaitan dengan rumah tangga, tentu bukan perkara yang mudah ya? Untuk itu, agar para ibu tetap merasa ‘waras’ me-time sangatlah diperlukan.

Bayangkan, dalam kehidupan sehari-hari saja, ibu sudah melakukan banyak kegiatan. Mulai dari mengurus anak dan suami, serta mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Belum lagi, selama pandemi Covid-19 – ibu juga mesti damping anak yang belajar online.

Sudah pasti, dengan padatnya rutinitas yang selalu dilalui ibu – rasa lelah dan stres pun kerap menghampiri. Jadi, para moms sangat disarankan untuk melakukan me-time ya.

 

 

 

Me-Time Penting Untuk Buat Ibu Tetap Bahagia

Meski Pandemi, Ibu Perlu Tetap Lakukan Me Time Untuk Jaga Rasa Bahagia / Credit: kumparan.com

Dikutip dari Orami.co.id – melakukan me-time itu penting sebagai salah satu cara mengelola stres. Dengan begitu, ibu tetap bisa merasa bahagia.

Me-time yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperbaiki perasaan dan membuat ibu menjadi lebih nyaman serta bahagia. Kalau ibu sudah merasa bahagia, maka ia pun tak merasa terbebani selama menyelesaikan pekerjaannya.

Ibu bahagia – merupakan ibu yang bisa merasa nyaman, tidak tertekan, tidak merasa emosional, serta dapat berpikir secara positif.

Jika ibu bahagia, anggota keluarga yang lainnya tentu ikut merasa senang, ya?

 

Apa Dampaknya Jika Ibu Tak Lakukan Me-Time?

Meski Pandemi, Ibu Perlu Tetap Lakukan Me Time Untuk Jaga Rasa Bahagia / Credit: cantik.tempo.co

Lalu, bagaimana kalau ibu sudah jarang atau terlalu lama tidak melakukan me-time? Akibatnya, emosi ibu dapat terpengaruhi – hal ini nantinya ikut berdampak pada hubungan keluarga, baik dengan pasangan maupun anak.

Jika hubungan dalam keluarga sudah terganggu, seorang ibu bisa memiliki perasaan kurang dihargai, tidak disayangi, lelah, stres, dan merasa tertekan. Jika tidak segera diatasi – sejumlah pemikiran ini dapat memicu timbulnya gangguan mental yang lebih berat.

 

Bagaimana Cara Bagi Waktu Me-Time Dengan Mengurus Anak?

Meski Pandemi, Ibu Perlu Tetap Lakukan Me Time Untuk Jaga Rasa Bahagia / Credit: kbknews.id

Hal pertama yang perlu dilakukan ibu, yaitu mencari tahu jenis hobi atau kegiatan yang bisa membuat lebih bahagia. Yang terpenting, kegiatan tersebut dapat disesuaikan dengan usia anak ya.

Jika anak masih terlalu kecil – dan sulit untuk ditinggal, maka kamu bisa cari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Sesimple membuat kue, atau berkebun di rumah juga sudah cukup, lho.

Tapi, jika anak sudah cukup besar, kamu bisa melakukan kegiatan me-time di luar rumah. Tapi ingat, selama pandemi – kalau ingin bepergian selalu terapkan protokol kesehatan ya. Langkah pencegahan ini dapat lindungi kamu dan keluarga dari ancaman virus corona.

 

 

 

Jadi, moms jangan lupa untuk tetap rutin melakukan me-time ya. Kegiatan positif ini dapat bantu para ibu menjadi lebih nyaman dan tetap positif dalam menjalani rutinitas harian.

 

Featured Image - orami.co.id

Source - parenting.orami.co.id