Kondisi pandemi memang mengharuskan siswa dan siswi untuk belajar daring dari rumah. Dalam hal ini, guru memiliki peranan yang penting. Tetapi, yang tak kalah penting – yaitu, peran ibu dalam membimbing, sekaligus membantu anak dalam proses belajar daring.

Ingat, belajar daring bukanlah hal yang mudah dilakukan, lho. Terlebih, bagi anak yang menjalaninya. Untuk itu, anak memerlukan peran ibu agar ia bisa memahami materi pelajaran dengan baik. Dengan begitu, ilmu yang disampaikan juga bisa terserap baik.

Jangan sampai pandemi menyebabkan anak makin tidak bersemangat dan malas ketika belajar ya!

Dilansir dari TheAsianParent.com – ibu memiliki tiga peran penting dalam mendukung serta membimbing buah hatinya yang menjalani belajar daring. Lebih lengkap, berikut ini penjelasan mengenai peran tersebut.

 

 

 

3 Peran Penting Ibu

Untuk Dukung Belajar Daring

3 Peran Penting Ibu Dalam Bantu Proses Belajar Daring Anak / Credit: halodoc.com

Memastikan Anak Belajar Dengan Aman

Agar proses belajar daring anak bisa berjalan dengan lancar dan aman – ibu perlu membantunya. Selalu damping anak ketika proses pembelajaran di mulai ya, moms. Selain itu, pastikan pula anak menggunakan internet untuk hal yang baik, sekaligus memiliki nilai edukasi.

 

Beri Anak Semangat

Anak cenderung mudah bosan dan kehilangan semangatnya, untuk itu ibu perlu memberi dukungan agar anak tetap semangat. Ibu bisa berikan dukungan dalam bentuk ucapan maupun perlakuan. Lalu, jangan lupa untuk ciptakan suasana yang menyenangkan ya – ini bisa bantu anak makin semangat, lho.

Atau, ibu dapat berikan anak ruangan khusus untuk belajar daring – sehingga, ia tak mudah terganggu dengan berbagai hal.

 

Perhatikan Nutrisi Si Kecil

3 Peran Penting Ibu Dalam Bantu Proses Belajar Daring Anak / Credit: goldenstartclub.co.id

Poin ini juga penting dalam mendukung proses belajar daring anak! Ibu, terus pastikan nutrisi anak sudah terpenuhi ya. Mendapat nutrisi seimbang merupakan persiapan paling dasar, sehingga anak dapat menerima segala pelajaran yang diberikan.

Mudahnya – nutrisi merupakan hal penting agar anak semakin semangat dalam menjalani proses belajar daring.

Untuk memenuhinya, pastikan ibu memberi anak makanan dengan berbagai kandungan gizi lengkap – mulai dari karbohidrat, serat, protein, zat besi, lemak, dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D. Tak lupa, omega-3 dan omega-6. Sejumlah nutrisi ini penting untuk dukung proses belajar anak – lebih tepatnya, dalam perkembangan otak si kecil.

Lalu, perhatikan pula asupan cairan anak – jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi ya! Dan, beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya.

Multivitamin anak – ibu dapat berikan dalam bentuk sirup yang memiliki sejumlah kandungan vitamin penting. Kamu direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup merupakan multivitamin anak yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Deretan vitamin tersebut dapat memberi sejumlah manfaat baik bagi anak, seperti:

  • Mengoptimalkan tumbuh kembang anak
  • Menjaga si kecil tetap aktif di masa pertumbuhan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi
  • Dan yang pasti – membantu memelihara daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit

 

 

 

Ibu memang memiliki peran besar selama pandemi, termasuk membimbing dan mendukung anak dalam menjalani belajar daring. Menerapkan ketiga poin di atas – dapat memudahkan ibu sekaligus si kecil dalam proses belajar ini.

 

Featured Image - klikdokter.com