Menuju akhir tahun, berbagai kalangan masyarakat sudah mulai pergi berlibur. Tak jarang, liburan pun mesti menggunakan transportasi umum, seperti pesawat terbang. Jika kamu akan bepergian pakai pesawat dalam waktu dekat – yuk, terapkan tips aman agar tetap terhindar dari ancaman virus!

 

 

 

Bepergian menggunakan pesawat, terlebih selama pandemi memang sedikit mengkhawatirkan. Yang menjadi masalah, yaitu posisi bangku dan sirkulasi udara yang ada di dalam pesawat. Berbeda dengan transportasi lain, pesawat menggunakan sistem sirkulasi sendiri untuk memutar udara yang ada.

Tapi, kamu tak perlu terlalu cemas ya! Sebab, masih ada sejumlah tips aman yang dapat kamu terapkan ketika akan bepergian dengan pesawat terbang.

Untuk informasi selengkapnya silahkan baca di bawah ini ya.

 

Berencana Bepergian Dengan Pesawat Selama Pandemi? Terapkan 7 Tips Aman Berikut! / Credit: solopos.com

Pastikan Tubuh Sehat

Yang terpenting, tubuhmu mesti dalam keadaan sehat dan fit. Pastikan kesehatan dalam keadaan prima dan tidak mengalami keluhan apapun. Alangkah baiknya, kamu menerapkan pola hidup sehat – ini bisa menjaga kesehatan, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana caranya? Kamu perlu memastikan asupan nutrisi dan gizi, rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, dan pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu.

Untuk vitamin, dianjurkan minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C memiliki kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamim B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Sejumlah vitamin ini dapat jaga daya tahan tubuh kamu agar tak mudah sakit!

Sementara, jika kamu mulai merasa tak enak badan sebaiknya tunda perjalanan kamu ya. Kondisi kesehatan yang kurang baik dapat menyebabkanmu lebih mudah terserang virus.

 

Memilih Maskapai Penerbangan

Bijaklah dalam memilih maskapai penerbangan. Cari tahu penerbangan apa saja yang menerapkan protokol kesehatan yang baik dan memenuhi standar WHO. Hal ini penting diperhatikan, sehingga kamu tetap aman ketika menggunakan pesawat terbang.

 

Bawa Peralatan Sanitasi

Berencana Bepergian Dengan Pesawat Selama Pandemi? Terapkan 7 Tips Aman Berikut! / Credit: amazon.com

Tak boleh terlewatkan! Bawa selalu peralatan sanitasi pribadi ya. Ini meliputi hand sanitizer, cairan disinfektan, tisu basah, dan sabun cuci tangan. Sejumlah benda penting tersebut dapat menjaga kebersihan tanganmu.

 

Patuhi Protokol Kesehatan

Jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh maskapai. Ikuti instruksi yang ada, dengan begitu peluang kamu terpapar virus pun dapat diminimalisir.

 

Bersihkan Tempat Duduk

Berencana Bepergian Dengan Pesawat Selama Pandemi? Terapkan 7 Tips Aman Berikut! / Credit: travel.detik.com

Ketika kamu sudah berada di dalam kabin pesawat, hindari langsung duduk begitu saja ya. Tetapi, bersihkan kursi terlebih dahulu dengan tisu badan dan cairan disinfektan.

 

Makan Terlebih Dahulu

Agar kamu tak perlu membuka masker selama penerbangan, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum jadwal penerbangan. Kamu bisa makan saat berada di rumah, atau jika harus makan di bandara – cari tempat makan yang memiliki sirkulasi udara terbuka, sekaligus dapat jaga jarak dengan pengunjung lain.

 

Pilih Penerbangan Terakhir

 

Untuk menghindari keramaian, kamu bisa memilih jam penerbangan yang relatif sepi, misalnya di malam hari atau jam penerbangan terakhir. Sebab, tak banyak orang yang memilih jam penerbangan tersebut.

Tetapi, ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tetap aman menggunakan pesawat selama pandemi.

 

 

 

Pastikan kamu terus menerapkan langkah pencegahan penularan virus ya, tak hanya selama menggunakan pesawat terbang saja, tetapi ketika berada di ruang publik lainnya.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com