Apakah kamu punya waktu yang sangat terbatas setiap harinya? Atau kamu sering merasa 24 jam dalam sehari tak cukup untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan kamu? Ini tandanya kamu butuh tingkatkan produktivitas saja.

 

 

Seorang manusia, mungkin termasuk kamu, pasti kerap mengeluhkan waktu yang sangat terbatas untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Ini berarti kamu mesti bisa membagi waktu yang kamu miliki. Dengan begitu, tenaga yang dikeluarkan pun tidak sia-sia!

Dalam kata lain, kamu memperlukan skala prioritas yang disusun berdasarkan urgensi dan manfaat yang dapat diperoleh. Lalu, bagaimana kalau kamu sudah berhasil menyusun skala prioritas tersebut? Kamu bisa peroleh 5 manfaat ini, lho.

Apa saja manfaat memiliki skala prioritas? Silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

 

5 Manfaat Miliki Skala Prioritas

Bantu Hidup Makin Teratur! Ini Lho 5 Manfaat Punya Skala Prioritas / Credit: mamikos.com

Menghemat Energi

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan energi ya. Dengan punya skala prioritas, sudah pasti kamu bisa memanfaatkan energi dengan baik. Selain itu, kamu pun bisa memiliki hasil yang maksimal. Wah, siapa sih yang tak menginginkan hal ini? Kamu pun pasti mau!

 

Menghindari Stres

Stres seringkali muncul karena kondisi fisik yang kurang prima. Hal ini bisa disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk. Kalau sudah begini, rasa stres pasti sering menghampiri!

Untuk itu, kamu mesti bisa mengendalikan keadaan agar kesehatan fisikmu tetap terjaga nih! Salah satunya dengan menyusun skala prioritas – dengan begitu, kamu tak harus mengerjakan tugas secara bersamaan.

 

Menggunakan Waktu Secara Efektif

Bantu Hidup Makin Teratur! Ini Lho 5 Manfaat Punya Skala Prioritas / Credit: sleekr.co

Seperti yang sudah disebutkan sebelumya, waktu sangatlah terbatas. Kamu wajib memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk hal yang penting saja. Jangan sampai waktu kamu terbuang sia-sia, dan kamu melewatkan hal baik ya!

Dengan punya skala prioritas – berarti kamu sudah bisa menggunakan waktu secara efektif. Sebab, kegiatan yang dilakukan sudah direncanakan sesuai urgensinya.

 

Produktivitas Meningkat

Kamu pasti sudah tahu ya, kalau skala prioritas dapat membantu tingkatkan produktivitas kamu? Mengingat, kegiatan yang kamu lakukan merupakan sesuatu yang penting.

Meningkatnya produktivitas juga dapat mendukung kesukesan karir kamu, lho. Tentu, hal ini akan menumbuhkan rasa percaya terhadap dirimu, sehingga ke depannya kamu dapat diberi tanggung jawab yang lebih besar!

 

Mengetahui Tujuan Pekerjaan

Ketika sudah memiliki skala prioritas, tak akan ada lagi rasa bingung yang sering menghampiri! Sebab, kamu hanya tinggal mengikuti rencana yang sudah disusun sebelumnya. Ketika kamu terbiasa melakukan hal ini, maka otomatis kamu dapat berpikir lebih jauh ke depan.

Dalam arti lain, kamu mengetahui tujuan pekerjaan yang kamu lakukan. Dan, tahu ke arah mana pekerjaan tersebut akan menuntunmu.

 

 

 

Wah, itu dia kelima manfaat memiliki skala prioritas. Kalau kamu sudah memiliki skala prioritas, ini merupakan hal yang baik untukmu! Selalu terapkan daftar prioritas secara konsisten dan secara berkala evaluasi kembali hal tersebut.

 

Featured Image - ngobi.id