Ketika sedang jenuh saat mengerjakan pekerjaan yang menguras pikiran, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk meneruskan pekerjaan mereka hingga selesai dan menunda istirahat. Meski terlihat sepele, istirahat yang cukup ternyata bisa membantu kemampuan otak dan mempertajam ingatan.

Tidur sebentar di sela-sela belajar dan bekerja bisa mempertajam ingatan

Credit: Jawapos

Belajar, membaca buku, maupun bekerja bisa dengan mudah membuat kamu lelah. Untuk menghindari stres, cobalah luangkan waktu sejenak untuk menenangkan tubuh dan pikiran sebelum kamu mulai beraktivitas kembali.

Saat kamu mengistirahatkan tubuh, misalnya dengan tidur sebentar, secara tidak langsung kamu bisa mencegah penurunan daya ingat. Bahkan, istirahat sebentar di sela-sela pekerjaan bisa memicu pembentukan memori baru di otak.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa selama seseorang tertidur, sinapsis atau titik temu yang menghubungkan antar sel saraf satu dan lainnya akan ikut “istirahat” hingga berangsur-angsur semakin rileks. Hal ini yang kemudian akan mempertahankan kemampuan sel saraf di otak untuk beradaptasi dengan baik sesuai keadaan. Dan sebaliknya, jika kualitas tidur atau istirahat yang kamu dapatkan kurang optimal, maka dapat menghambat otak dalam proses penerimaan informasi baru dalam jangka panjang.

Istirahat bukan cuma dari tidur saja

Credit: Lifestyle Okezone

Sebuah studi yang dilakukan oleh Michael Craig dan Michaela Dewar, dari Heriot-Watt University in Edinburgh, menemukan bahwa sistem yang mengatur memori, akan memperkuat memori yang telah melemah dengan cara mengaktifkannya kembali. Proses ini yang akan meningkatkan kemampuan otak dalam mencerna sekaligus mengingat hal-hal baru.

Pemulihan kembali kemampuan otak ini tidak hanya berlangsung saat kamu tertidur lelap saja, melainkan juga bisa terjadi bahkan saat kamu hanya meluangkan waktu singkat (sekitar 10 menit) untuk beristirahat sampai pikiran kembali pulih. Yang penting biarkan tubuh dalam keadaan yang benar-benar nyaman dan rileks.

Jadi, untuk membantu tubuh dan pikiran agar lebih rileks, tidak hanya dibutuhkan istirahat yang cukup saja, tetapi sekedar memejamkan mata sejenak atau menjauhkan diri dari pekerjaan juga mampu meningkatkan kemampuan dan mempertajam ingatan.

Hindari terlalu memforsir kerja otak

Credit: Tribunnews

Otak manusia bisa benar-benar menyerap suatu informasi jauh lebih baik ketika proses mencerna informasi tersebut dipisah dalam selang waktu tertentu. Itu sebabnya, kamu dianjurkan untuk meluangkan waktu sejenak untuk istirahat menenangkan tubuh serta pikiran, daripada terus-menerus memforsir kerja otak selama belajar ataupun bekerja.

Caranya pun tidak sulit, kamu bisa mengubah posisi belajar ataupun menyelinginya dengan bermain game – asal tidak sampai keterusan. Karena, di saat ini jaringan-jaringan saraf pada otak akan saling berhubungan dan kemudian menumbuhkan ingatan baru yang lebih kuat.

 

Featured Image - Republika