Pasangan suami-istri mana yang tak bahagia jika beri momongan? Kabar baik yang satu ini merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Meski demikian, kekhawatirkan muncul ketika ibu hamil selama masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan – wajib menerapkan cara untuk menjaga kesehatan diri sekaligus janin dalam kandungan.

 

 

Saat ini, pemerintah telah menetapkan protokol kesehatan yang mesti diterapkan masyarakat. Protokol kesehatan meliputi memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Tetapi, hal ini belum tentu cukup bagi ibu hamil.

Memperhatikan sejumlah hal penting lainnya perlu dilakukan selama masa kehamilan di tengah pandemi. Dilansir dari Pop Mama – berikut ini sejumlah poin penting yang perlu diperhatikan dalam menjaga kehamilan ibu semasa pandemi.

 

4 Hal Penting Dalam Kesehatan Selama Masa Kehamilan Di Tengah Pandemi / Credit: alodokter.com

Rutin Berolahraga

Perut yang semakin membesar – tentu menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga. Meski demikian, agar kesehatan kehamilan tetap terjaga, ibu perlu melakukan olahraga ringan, di antaranya:

  • Jongkok berdiri (squat)
  • Berjalan
  • Berenang
  • Senam yoga

Sejumlah olahraga ini bisa dilakukan secara rutin dengan intensitas rendah, seperti 2-3 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-40 menit.

Rutin berolahraga selama masa kehamilan dapat membantu mengurangi rasa stres, mengurangi rasa nyeri, membantu tidur semakin nyenyak, dan memperlancar persalinan.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Perlu diketahui, nutrisi selama masa kehamilan merupakan hal paling penting! Sebab, nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin, sekaligus menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi selama masa kehamilan.

Selain itu, rutin mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi dapat bantu menjaga kekebalan tubuh, serta menunjang tumbuh kembang janin.

Adapun rekomendasi makanan bernutrisi yang sebaiknya dikonsumsi ibu selama masa kehamilan, yaitu:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Pisang
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Mangga
  • Ubi
  • Kacang-kacangan
  • Daging tanpa lemak
  • Ikan salmon
  • Susu dan produk olahannya
  • Telur
  • Buah kering
  • Air mineral

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin

4 Hal Penting Dalam Kesehatan Selama Masa Kehamilan Di Tengah Pandemi / Credit: id.theasianparent.com

Yang tidak kalah penting, ibu mesti memenuhi kebutuhan vitamin selama masa kehamilan. Salah satunya, vitamin C – yang juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sang ibu.

Memenuhi kebutuhan vitamin C selama kehamilan juga baik untuk proses pembentukan kolagen pada ibu dan janin. Kolagen – berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit, tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan bayi dalam kandungan.

Lalu, vitamin C juga dapat membantu menghindari terjadinya gangguan perkembangan mental terhadap janin, serta membantu penyerapakan zat besi.

Karena vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dibentuk di dalam tubuh, oleh karena itu vitamin ini mesti didapatkan dari berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayur, serta suplemen maupun multivitamin.

Vitamin C bagi ibu hamil dapat diperoleh dari buah seperti jeruk, stroberi, pepaya, jambu biji, kiwi, dan mangga. Sementara, sayuran yang kaya akan vitamin C seperti kale, brokoli, dan bayam. Yang perlu diingat – hindari memasak sayuran terlalu lama, karena kandungan vitamin di dalamnya dapat rusak.

Masih mengenai memenuhi kebutuhan vitamin C sebagai nutrisi ibu hamil, agar lebih mudah, dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, seperti Enervon-C. Mengapa demikian?

Enervon-C mengandung deretan vitamin baik, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Nah, kandungan ini dapat membantu jaga daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleks dapat membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi.

Tetapi, sebelum mulai mengonsumsi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk tindakan yang lebih tepat.

 

Konsultasi Secara Rutin

Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan – juga prosedur yang penting! Dengan melakukan pemeriksaan, ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan, serta mengetahui perkembangan kesehatan janin.

Selama pandemi, ada baiknya ibu melakukan konsultasi secara online. Tetapi, jika mendesak dapat datang ke rumah sakit sesuai kesepakatan dokter kandungan.

 

Sejumlah poin tersebut wajib diperhatikan dalam menjaga kesehatan kehamilan di masa pandemi Covid-19.

 

 

Featured Image - solopos.com

Source - popmama.com