Perusahaan mana sih yang tidak menginginkan setiap karyawannya dapat menerapkan kerja sama yang baik? Di setiap kantor pun pasti mendambakan hal ini ya. Meski demikian, kerja sama tim tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, lho!

Bahkan, tak jarang tim tak bisa kerja sama dengan baik. Hal ini bisa saja disebabkan oleh sejumlah faktor yang wajib kamu ketahui!

 

 

 

Setiap tim kerja pasti terdiri dari sejumlah karyawan yang memiliki keinginan, kekurangan, serta kelebihan yang berbeda-beda. Adanya perbedaan inilah yang kerap menyebabkan kerja sama tim sulit terwujud.

Masalah ini mesti segera diatasi, lho. Sebab, sebuah tim yang tidak dapat kerja sama dengan baik bisa kehilangan efektivitas dan efisiensi kerja. Tentu saja, ini bisa memengaruhi produktivitas ya?

Untuk itu, kamu perlu mengetahui sejumlah penyebab mengapa kerja sama tim yang baik tidak dapat terwujud. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

Hilang Kepercayaan

Apakah Tim Kamu Sulit Untuk Kerja Sama? Mungkin Disebabkan 5 Hal Berikut / Credit: magazine.job-like.com

Penyebab pertama, yaitu hilangnya kepercayaan antara anggota tim. Perlu diketahui – hal ini merupakan penyebab paling fatal, lho!

Sebuah tim memerlukan rasa saling percaya – faktor ini dapat datang dari kejujuran dan keterbukaan antar anggota. Tapi sayangnya, masih ada karyawan yang enggan mengakui kesalahan maupun kelemahannya.

Faktor inilah yang akhirnya menyebabkan kerja sama tim tidak dapat diterapkan secara baik dan maksimal.

 

Menghindari Konflik

Adanya perbedaan pendapat bisa berujung pada konflik antar anggota. Ingat, konflik mesti dihadapi dan diselesaikan dengan baik ya! Selesaikan masalah dengan cara yang bijak – yaitu melakukan diskusi yang rasional.

 

Hilangnya Komitmen

Apakah Tim Kamu Sulit Untuk Kerja Sama? Mungkin Disebabkan 5 Hal Berikut / Credit: maxmanroe.com

Tim kamu tidak bisa kerja sama dengan baik? Bisa jadi disebabkan oleh hilangnya komitmen! Setiap aturan dan keputusan – wajib dijalani dengan komitmen. Jika tidak, kerja sama tim justru tidak bisa berjalan mulus, lho.

 

Merasa Tak Bertanggung Jawab

Kalau tak punya komitmen – berarti rasa tanggung jawab pun akan ikut menghilang ya? Akhirnya, setiap anggota tim pun tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

 

Tidak Menghiraukan Tujuan

Sudah tak ada komitmen dan merasa nggak bertanggung jawab – wah, ini bisa menyebabkan karyawan tak lagi menghiraukan tujuan! Kalau anggota tim sudah merasakan hal ini, bisa jadi kerja sama tim akan gagal dijalani.

 

 

 

Setiap penyebab di atas memang saling berkaitan satu sama lain ya – untuk itu, di setiap tim kerja diperlukan kepercayaan, komitmen, hingga rasa tanggung jawab yang baik. Sejumlah faktor tersebut merupakan fondasi penting dalam menjalani kerja sama di kantor.

 

Featured Image - karir.com