Di momen liburan ini, kamu mungkin lebih sering begadang dan akhirnya kurang tidur ya? Mesti dihindari nih kebiasaan tersebut! Sebab, kurang tidur dapat memengaruhi kinerja kekebalan tubuh, lho!

 

 

 

Tidur memang dikenal sebagai salah satu kegiatan yang dapat menunjang kesehatan. Dengan mendapat kualitas tidur yang baik, tubuh bisa beristirahat dan kembali bekerja sesuai fungsinya. Tetapi, selama liburan – tidur lebih cepat memang sulit untuk diterapkan ya.

Padahal, tidur terlalu larut – akhirnya membuatmu kurang tidur, bisa mengganggu fungsi tubuh lho. Seperti, sel-sel tubuh tidak bisa melakukan regenerasi secara sempurna, hingga meningkatkan nafsu makan.

Agar kamu bisa mendapat kualitas tidur yang baik – kamu dianjurkan untuk tidur di waktu yang sama setiap malamnya. Tapi, apakah kamu masih kesulitan dalam menerapkan hal ini? Biar memudahkanmu, berikut ini tips untuk mengatasi sulit tidur selama liburan – silahkan diterapkan ya!

 

6 Tips Atasi Kurang Tidur Selama Liburan

Kurang Tidur Selama Libur Bisa Turunkan Imunitas, Ini Tips Untuk Bantu Atasinya / Credit: today.line.me

Tidur Siang Boleh Saja, Tapi Jangan Terlalu Lama!

Selama liburan jadi sering tidur siang? Tak masalah! Tapi tetap perhatikan durasinya ya – hindari tidur siang terlalu lama. Kebiasaan ini bisa membuatmu susah tidur di malam hari dan akhirnya mengalami kurang tidur.

Batasi waktu tidur siang kamu selama 20 menit saja – dan baiknya tidur siang pada pukul 2-3 sore!

 

Relaksasi Sebelum Tidur

Sebelum tidur, penting bagimu untuk membuat tubuh lebih rileks dan santai. Relaksasi bisa kamu lakukan melalui aktivitas mendengarkan musik, mandi air hangat, atau kegiatan apapun yang bisa membuatmu lebih mudah mengantuk.

 

Makanan dan Minuman Juga Berpengaruh, Lho

Kurang Tidur Selama Libur Bisa Turunkan Imunitas, Ini Tips Untuk Bantu Atasinya / Credit: penntoday.upenn.edu

kamu alami insomnia dan akhirnya kurang tidur? Bisa jadi disebabkan oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi! Makanan yang berlemak, pedas, dan berminyak – wajib dihindari, terlebih sebelum waktu tidur ya.

 

Hindari Menunda Alarm Di Pagi Hari

Coba deh tahan godaan untuk menekan tombol snooze ketika alarm kamu berbunyi – dan segera bangun! Sebab, bangun ketika alarm berbunyi dapat membantumu kembali ke rutinitas tidur seperti biasa.

 

Buat Suasana Kamar Jadi Nyaman Ya!

Kurang Tidur Selama Libur Bisa Turunkan Imunitas, Ini Tips Untuk Bantu Atasinya / Credit: genpi.co

Menciptakan suasana kamar tidur menjadi nyaman – juga bisa membantumu lebih cepat terlelap, lho. Buat suasana kamar jadi lebih tenang, sejuk, dan gelap. Lalu, gunakan penyumbat telinga, bagi kamu yang tinggal di daerah bising.

 

Hindari Melihat Jam

Sering melihat jam justru membuatmu makin sulit tertidur, lho. Karena, rasa cemas dan stres dapat muncul – kedua hal tersebutlah yang dapat menghambatmu untuk mengantuk.

Jika 20 menit sudah berlalu dan kamu masih belum tertidur, coba beranjak dari kasur dan lakukan sesuatu yang menenangkan hingga kamu mengantuk.

 

 

 

Manfaat Memiliki Waktu Tidur Cukup

Kurang Tidur Selama Libur Bisa Turunkan Imunitas, Ini Tips Untuk Bantu Atasinya / Credit: jovee.id

Dari penjelasan di atas – kamu memang dianjurkan untuk memiliki waktu tidur yang baik, sehingga tubuhmu tak kurang tidur! Anjuran ini bukan tanpa alasan, lho. Sebab, tidur juga berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh kamu.

Hal ini pun sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian nih. Salah satunya yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine. Bagaimana dengan hasil penelitiannya?

Peneliti sudah membuktikan berbagai manfaat tidur, termasuk perannya dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh – ini berkaitan dengan kinerjanya dalam melawan infeksi penyakit ya. Dalam penelitian, diketahui bahwa tidur yang cukup dapat memperbaiki fungsi imunitas, khususnya limfosit T – yang berperan dalam melawan virus penyebab infeksi.

 

Mengatasi Kurang Tidur Memang Penting,

Tapi Terapkan Pula Pola Hidup Sehat Lainnya Ya!

Kurang Tidur Selama Libur Bisa Turunkan Imunitas, Ini Tips Untuk Bantu Atasinya / Credit: klikdokter.com

Memang mengatasi kurang tidur itu penting adanya – tapi jangan lupakan pola hidup sehat lainnya yang dapat menunjang imunitas tubuh kamu ya! Ada sejumlah kebiasaan baik lainnya yang patut kamu terapkan, lho. Apa saja?

Pola hidup sehat meliputi mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, olahraga secara rutin, dan kelola stres dengan baik. 

Ingin lebih maksimal? Disarankan minum multivitamin setiap harinya, seperti Enervon-C!

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

 

 

Apakah selama liburan kamu jadi kurang tidur? Yuk, segera atasi dengan sejumlah cara di atas dan selalu terapkan pola hidup sehat yang lainnya ya!

 

Featured Image - orami.co.id