Sampai saat ini tempatmu bekerja masih menerapkan kebijakan penularan virus corona. Meski demikian, saat bekerja dari rumah – kamu juga mesti mengambil jatah cuti, lho. Ingat, otak dan fisikmu masih butuh istirahat!

 

 

 

Walaupun terdengar menyenangkan, tetapi bekerja dari rumah tak mudah untuk dijalani. Berbagai distraksi pun kerap kali dialami – tak jarang, sejumlah gangguan ini membuat pekerjaan lebih sulit diselesaikan.

Mesti hati-hati, karena kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa stres – yang berujung pada terganggunya kesehatan mental.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama bekerja dari rumah? Yaitu, kamu tetap harus cuti selama work from home ya! Beristirahat sejenak di sela waktu mungkin tak cukup membantu – jadi, nggak ada salahnya untuk cuti sesaat.

Mengapa masih harus cuti walaupun bekerja dari rumah?

 

Kenapa Kamu Butuh Cuti Selama WFH?

Selama Bekerja Dari Rumah Kamu Tetap Butuh Cuti, Lho. Mengapa Demikian? / Credit: magazine.job-like.com

Meskipun tak bisa kemana-mana, tetapi kamu butuh waktu untuk melakukan berbagai kegiatan relaksasi dan bersantai sejenak, lho. Selain itu, mengambil cuti juga dapat membebaskanmu dari urusan pekerjaan.

Cuti merupakan pengingat waktu – kapan kamu harus berhenti dan bekerja. Ingat, selama bekerja di rumah, jam aktif kamu pasti lebih panjang dibanding saat kerja di kantor kan?

Untuk menentukan waktu tepat mengambil cuti – pastikan kamu mengambil hari cuti ketika tidak ada deadline atau pekerjaan yang penting yang harus diselesaikan. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa menikmati hari liburmu. Misalnya, di momen libur akhir dan awal tahun – mungkin waktu yang tepat untuk cuti!

Mengambil waktu istirahat ketika bekerja di rumah, dapat menyegarkan kembali pikiran, sekaligus menyiapkan mental untuk kembali bekerja nanti.

 

 

 

Kegiatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan Selama Cuti?

Selama Bekerja Dari Rumah Kamu Tetap Butuh Cuti, Lho. Mengapa Demikian? / Credit: etalaseserpong.com

Takut bosan ketika cuti dan tetap berada di rumah saja? Tak perlu khawatir! Kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan positif ini, lho.

Matikan Gadget

Kamu dapat mematikan gadget seperti ponsel selama cuti. Ini merupakan ‘detoks’ dari segala distraksi yang bisa mengganggu ketenanganmu.

 

Meditasi

Melakukan meditasi juga bisa kamu coba, lho! Meditasi dapat memberikan rasa keseimbangan dan ketenangan – tentu saja ini bisa mengurangi rasa stres yang sering kamu rasakan akibat pekerjaan ya?

 

Jalan-Jalan

Berjalan memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental dan fisikmu. Jalan kaki secara rutin, paling tidak 10 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati.

 

Lakukan Hobi

Selama cuti, kamu juga dapat melakukan hobi maupun kegiatan yang kamu senangi! Misalnya, memasak, membaca buku, atau menonton serial – apapun kegiatannya, pastikan hal tersebut bisa membuatmu senang ya.

 

 

 

Nah, sekarang sudah tahu ya mengapa kamu tetap butuh cuti meskipun bekerja dari rumah? Ingat, kesehatan mental juga penting lho. Jadi, jangan anggap remeh hal tersebut ya!

 

Featured Image - mamikos.com