Meski vaksin Covid-19 akan segera diberikan kepada masyarakat – tetapi, ini adanya vaksin belum dapat menjamin berhentinya rantai penularan virus corona.

 

 

 

Jika vaksinasi sudah dilaksanakan, masyarakat tetap mesti menerapkan protokol kesehatan. Sebab, vaksin bukanlah penjamin bahwa pandemi Covid-19 benar-benar usai. Hal ini pun juga dibenarkan oleh sejumlah ahli kesehatan.

Seorang Pakar Imunisasi, Elizabeth Jane Soepardi, mengungkapkan bahwa vaksin yang ampuh sekalipun belum menjamin antibodi terbentuk sepenuhnya. Jadi, langkah paling tepat, yaitu tetap menjalani protokol kesehatan meski sudah divaksinasi.

Perlu diketahui, protokol kesehatan yang kian digaungkan sudah berdasarkan anjurkan dari World Health Organization (WHO) – dalam kata lain, protokol kesehatan tersebut bukan hal yang asal dan sudah dibuktikan penelitian.

Prokes 3M yang mencakup menjaga jarak tersebut wajib dilaksanakan. Dengan diterapkannya 3M, maka risiko penularan akan sangat minim. Terlebih, jika masyarakat sudah divaksinasi.

WHO menyebut jika tidak menggunakan masker, maka kemungkinan penularan Covid-19 dapat mencapai 100 persen. Sementara, jika hanya memakai masker – risiko tertular menurun jadi 45 persen saja.

Kemudian, jika jaga jarak diterapkan – risiko penularan dapat berkurang sampai 80 persen. Begitu pula dengan mencuci tangan, yang dapat mengurangi risiko penularan virus sebanyak 35 persen.

Untuk proteksi diri seutuhnya, masyarakat memang dianjurkan menerapkan ketiga poin protokol kesehatan tersebut.

 

Jaga Selalu Kesehatan,

Juga Jadi Poin Penting

3M dan Vaksin, Dua Poin Penting Untuk Hentikan Penularan Covid-19 / Credit: ignilife.com

Selain menerapkan protokol kesehatan, meski nantinya vaksin sudah diberikan – masyarakat juga mesti terus menjaga kesehatan tubuh. Ini bertujuan agar kekebalan tubuh tetap terjaga, sehingga virus pun tak mudah menyerang.

Di masa pandemi, menerapkan pola hidup sehat sangatlah dianjurkan – yang perlu dilakukan pun mudah, yaitu memperhatikan asupan gizi seimbang, rutin berolahraga, vitamin C yang penting untuk memelihara imunitas.

Untuk kebutuhan vitamin, kamu disarankan minum multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi vitamin tersebut dapat bantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Enervon-C memiliki dua jenis, yaitu tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin 1000 mg. Keduanya mampu menjaga kesehatan tubuhmu tetap prima.

 

 

 

Pembuatan Vaksin Dipercepat

3M dan Vaksin, Dua Poin Penting Untuk Hentikan Penularan Covid-19 / Credit: klikdokter.com

Hingga kini, WHO masih terus mengisyaratkan untuk mempercepat produksi vaksin Covid-19. Tetapi, ini bukan berarti pembuatan vaksin tidak dilakukan dengan serius – sehingga justru berbahaya ya. Walaupun dalam keadaan genting, pembuatan vaksin tetap memperhatikan syarat ketat, sehingga keamanannya terjamin.

Perlu diketahui, proses pembuatan vaksin memerlukan prosedur yang rumit. Aspek keamanan dan efektivitas vaksin merupakan dua hal yang paling diperhatikan dalam proses pembuatannya.

Kabar baiknya, sejauh ini vaksin Covid-19 sudah menunjukkan angka keberhasilan dan siap digunakan di beberapa negara.

 

 

 

Featured Image - voi.id

Source - cnnindonesia.com