Kamu pasti pernah merasa canggung saat pertama kali masuk kerja. Namun, bagi sebagian orang mungkin memiliki kepribaian yang mudah bergaul dengan orang lain meski baru kenal sekalipun.

Tapi untuk kamu yang harus beradaptasi dan membutuhkan waktu buat bisa bergaul dengan orang lain, kamu bisa mengikuti tips berikut ini untuk menghilangkan rasa canggung dengan teman kerja di kantor.

1. Minta diperkenalkan ke karyawan lain

Credit: Kalibrr

Saat pertama kali masuk kerja, kamu bisa minta ke bagian HRD untuk memperkenalkan kamu ke rekan- rekan kerja lainnya, setidaknya yang berada satu ruangan dengan kamu. Dengan begitu, kehadiranmu sudah diketahui oleh karyawan lain di perusahaan tempatmu bekerja.

2. Mau menyapa duluan

Credit: IDNTimes

Saat kamu mulai bekerja di tempat baru, jangan enggan untuk menyapa duluan karyawan yang lainnya. Ini merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk mencari teman baru. Hindari, hanya duduk di balik meja dan menunggu teman yang menyapamu.

3. Jangan segan bertanya

Credit: Hipwee

Sebagai karyawan yang masih baru, tentu saja masih ada banyak sekali hal yang masih belum kamu ketahui. Inilah kesempatan di mana kamu berinisiatif untuk mencari informasi dengan bertanya pada yang lebih senior. Kamu bisa bertanya pada teman, atau bisa juga ke supervisor, dan atasanmu secara langsung.

Namun, sebaiknya tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan dan tanyakan di waktu yang tepat seperti saat makan siang atau jam istirahat. Selain bisa memperbanyak informasi, juga membuat kamu memiliki topik pembicaraan dengan lawan bicara.

4. Jadilah Karyawan yang aktif di setiap acara

Credit: WomanTalk

Kamu bisa coba untuk datang ke semua acara yang diadakan, acara resmi maupun tidak resmi. Acara resmi contohnya seperti perayaan ulang tahun perusahaan, perayaan pencapaian yang luar biasa, dan lain-lain. Atau mungkin temanmu mengadakan acara yang tidak resmi seperti kumpul bersantai sepulang kerja atau sekadar makan malam bersama-sama. Gunakan kesempatan ini untuk bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang.

5. Minta teman menemani berkeliling sekitar kantor

Credit: Jawapos

Agar bisa mencairkan suasana, sebaiknya kamu juga meminta teman baru untuk mengajak berkeliling di sekitar kantor. Selain bisa menambah informasi seputar kawasan kantor, juga bisa semakin mendekatkan kamu dengan rekan kerja. Dan jangan lupa untuk memperkenalkan dirimu pada setiap karyawan yang bertemu dengan kamu.

 

Featured Image - Dream.co.id