Setiap hari mungkin kamu merasa seperti dikejar- kejar waktu serta memiliki pekerjaan yang tidak ada habisnya. Dampaknya, tubuhmu jadi merasa Lelah. Jika tidak ditangani dengan baik, kelelahan bisa berdampak negatif terhadap aktivitas sehari-hari hingga hubunganmu dengan orang lain.

Kebanyakan orang lelah karena padatnya aktivitas sehari- hari. Tidak sempat makan, kurang tidur, dan stres akhirnya semakin membuat tubuh kehilangan stamina. Pekerjaan pun jadi tidak lancar karena kamu tidak bisa konsentrasi.

Sebelum semakin parah, sebaiknya simak beberapa tips menjaga stamina berikut ini.

1. Aktif bergerak

Credit: Hipwee

Mungkin cara yang satu ini sudah berkali-kali  didengar bila ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Tubuh yang aktif banyak dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup. Bahkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot juga akan semakin membaik berkat aktivitas fisik. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tubuh yang aktif bergerak, baik dengan kegiatan ringan di rumah atau olahraga akan memicu peningkatan energi.

2. Luangkan waktu berada di luar ruangan

Credit: KlikDokter

Jika kamu lebih sering menghabiskan waktu dalam ruangan, luangkan waktu sejenak untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Pancaran sinar matahari dapat menstimulasi pada kerja otak, untuk memberi isyarat pada tubuh dalam meningkatkan energinya.

Selain itu, otak pun agar merasa jauh lebih segar karena tidak terus-menerus ada di dalam ruangan. Karena, sinar matahari dapat menghentikan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk. Dan akhirnya, tubuh akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

3. Penuhi cairan tubuh

Credit: Jawapos

Jangan sampai padatnya aktivitas sampai membuat kamu lupa dengan kebutuhan diri sendiri – salah satunya minum. Kekurangan cairan dapat memecah persediaan energi dan mengacaukan kerja tubuh, sehingga kamu jadi merasa mudah lelah dan tidak bersemangat.

Kekurangan cairan juga telah terbukti membuatmu sulit konsentrasi. Hal ini disebabkan karena air mendukung kerja seluruh organ dalam tubuh, termasuk otak. Maka, ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka otak tidak dapat bekerja secara optimal.

4. Kenali jam tubuh kamu

Credit: KlikDokter

Salah satu penyebab kelelahan yang paling sering terjadi yaitu karena terlalu memforsir kerja tubuh. Memang, mungkin kadang sulit bagi kamu untuk menyadari kapan tubuh telah berada di batas kemampuannya.

Misalnya jika di siang hari konsentrasi dan tenagamu sudah mulai hilang, itu artinya kamu harus segera mengisi energi dengan makan siang secukupnya. Dan kalau kamu menunda jam makan dan akhirnya kelaparan, kamu pun cenderung makan sampai kekenyangan dan malah jadi mengantuk.

Selain itu, beri jeda di tengah-tengah kegiatan dengan sekadar duduk santai, menutup mata sejenak, dan biarkan pikiran jadi rileks. Meski kesannya sepele, cara ini bisa membantumu menjaga stamina di tengah-tengah padatnya aktivitas.

5. Disiplin soal makan

Credit: Liputan6

Di antara banyak cara untuk menjaga stamina, satu yang tidak boleh dilewatkan adalah makan tepat waktu. Makanan bertugas menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas.

Saat tubuh telah bekerja keras dalam beberapa jam, maka perlu asupan makanan untuk mengembalikan energi. Jika tidak terpenuhi tepat waktu, cadangan energi sudah semakin terkuras. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah.

Selain itu, penting untuk memenuhi asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan sehat, termasuk protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan suplemen tambahan seperti vitamin C dalam jumlah yang tepat.

 

Featured Image - Hello Sehat