Sejak Desember 2020 silam – varian baru Covid-19 dilaporkan ditemukan di Inggris. Meski baru ditemui pada bulan Desember, tetapi varian baru ini diperkirakan sudah mulai muncul sejak pertengahan September.

Disebut dengan VUI 202012/01 atau B117 – varian baru ini dapat bermutasi lebih cepat. Bahkan, varian ini sudah masuk ke berbagai negara, tak hanya Inggris saja. Di Afrika Selatan – varian ini mendominasi kasus positif baru.

Lebih lengkap mengenai berbagai negara yang sudah terkonfirmasi ditemukan varian baru Covid-19 – berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Harus Waspada! Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Ke 8 Negara Ini! / Credit: aljazeera.com

Australia

Setelah Inggris dan Afrika Selatan – Australia juga sudah terkonfirmasi ditemukan varian baru Covid-19. Pada akhir Desember silam, pejabatan kesehatan Australia mengakui bahwa ada dua orang yang bepergian dari Inggris dan terinfeksi varian baru tersebut.

 

Kanada

Begitu pula dengan Kanada yang melaporkan dua kasus pertama varian baru Covid-19 – ditemukan bahwa ada dua kasus yang terjadi akibat infeksi varian baru. Kasus tersebut terjadi di Durham, wilayah timur Toronto.

Tetapi, pasien yang terinfeksi tidak memiliki riwayat perjalanan, paparan atau kontak dengan orang berisiko tinggi. Bahkan, mereka berada dalam masa isolasi.

 

Harus Waspada! Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Ke 8 Negara Ini! / Credit: trtworld.com

Prancis

Pada 25 Desember silam, Prancis juga menemukan kasus pertama varian baru. Pasien yang terinfeksi baru saja kembali dari Inggris. Pasien dilaporkan tidak mengalami gejala – dan sebagai tindak lanjut, pasien melakukan karantina mandiri.

 

Italia

Italia juga turut melaporkan kasus dari varian baru Covid-19 – kasus ini terjadi di dekat pusat kota Ancona. Tetapi, pasien tidak melakukan perjalanan ke Inggris, atau kontak dengan orang yang berisiko tinggi.

 

Denmark

Selanjutnya, Denmark juga sudah mengkonfirmasi kasus varian baru Covid-19. World Health Organization  (WHO) mengatakan bahwa terjadi kasus varian baru yang terjadi di wilayah Denmark.

 

Harus Waspada! Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Ke 8 Negara Ini! / Credit: teletrader.com

Jepang

Menyusul negara-negara sebelumnya, Jepang juga melaporkan lima kasus pertama dari varian terbaru Covid-19. Paparan virus tersebut menyebar dengan cepat dari penumpang yang datang dari Inggris.

 

Libanon

Menteri kesehatan Libanon mengatakan bahwa pada 25 Desember silam – dilaporkan ada kasus varian baru yang berasal dari penerbangan rute London. Untuk itu, para penumpang maskapai tersebut diminta untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

 

Belanda

Belanja juga menjadi negara yang dilaporkan ditemukan varian baru Covid-19. Menteri kesehatan Belanja mengatakan varian baru ini ditemukan dalam dua kasus – yang terjadi di daerah Amsterdam.

 

 

 

Featured Image - independent.co.uk

Source - popmama.com