Hingga kini, sejumlah infeksi virus corona. Dari sejumlah gejala Covid-19, ada beberapa gejala corona yang cukup sering tidak disadari.

Demam tinggi, batuk, dan sesak napas – ketiga gejala tersebut paling umum dan sering dirasakan pasien. Bahkan, ketiga gejala tersebutlah yang paling sering disadari. Tetapi, setidaknya ada lima tanda lain yang jarang diperhatikan.

Berikut ini kelima gejala Covid-19 yang paling sering tak disadari, bahkan hingga diabaikan.

 

 

 

Sakit Kepala Berulang

Jarang Disadari, Ini 5 Gejala Awal Corona yang Kerap Dialami / Credit: cnnindonesia.com

Yang pertama, sakit kepala – kondisi ini memang bisa disebabkan oleh beragam hal, termasuk Covid-19. Sayangnya, masih jarang orang yang menyadari akan gejala ini. Padahal, sakit kepala merupakan gejala yang dialami oleh hampir 70 persen pasien Covid-19.

Apa bedanya dengan sakit kepala biasa? Pada gejala virus corona – sakit kepala yang dirasakan dapat berulang kali.

 

Mudah Lelah

Hampir mirip dengan gejala flu, Covid-19 juga membuat pasiennya mengalami rasa mudah lelah. Dilansir dari CNN Indonesia – seorang pasien Covid-19 dapat mengalami kelelahan, bahkan hingga satu minggu lamanya.

 

Sakit Tenggorokan

Jarang Disadari, Ini 5 Gejala Awal Corona yang Kerap Dialami / Credit: halodoc.com

Sama seperti gejala sebelumnya, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya. Meski demikian, gejala ini juga termasuk indikasi Covid-19 yang wajib diperhatikan. Untuk itu, jika kamu mengalami sakit tenggorokan – hindari mengabaikannya!

 

Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti muntah dan diare – memang masih cukup jarang dirasakan oleh pasien Covid-19. Tetapi, bisa jadi masalah pencernaan merupakan tanda infeksi yang tidak disadari, bahkan didiamkan begitu saja.

Jika mengalami gejala muntah dan diare, disertai dengan gejala Covid-19 lainnya seperti demam dan batuk – disarankan untuk segera mengambil tindakan lanjut.

 

Kehilangan Indera Penciuman dan Perasa

Jarang Disadari, Ini 5 Gejala Awal Corona yang Kerap Dialami / Credit: health.detik.com

Disebut juga dengan anosmia – gejala satu ini cukup sering dialami oleh pasien Covid-19. Gejala yang satu ini termasuk indikasi yang khas dan kuat. Ketika pasien merasakan anomsia, maka napsu makan pun berkurang.

Kemudian, hal tersebut berlanjut pada masalah kurang nutrisi pada tubuh – inilah yang membuat tubuh semakin sulit untuk melawan infeksi. Sebab, nutrisi dapat mendorong imunitas yang berperan penting dalam melawan virus.

 

 

 

Jika kamu dan orang terdekat merasakan sejumlah gejala Covid-19, baik yang umum maupun yang kerap tidak disadari – segera lakukan pemeriksaan untuk pengambilan tindakan lanjut.

 

Featured Image - jovee.id

Source - cnnindonesia.com