Di masa pandemi, terdapat dua jenis masker yang sering digunakan, yaitu masker kain – bisa digunakan berulang kali. Dan juga masker bedah – kalau ini wajib digunakan sekali saja! Sebab, jika dipakai lebih dari sekali, masker bedah justru bisa berbahaya.

 

 

 

Saat bepergian di tengah pandemi, tentu masker menjadi barang yang wajib digunakan. Tapi, tak hanya itu – agar perlindungan makin maksimal, masyarakat sangat dianjurkan menerapkan ketiga menjaga jarak.

Lalu, terapkan pula pola hidup sehat – yang bertujuan untuk menjaga imunitas tubuh. Yaitu, mengonsumsi asupan makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin C.

Untuk vitamin C dapat diperoleh dengan mudah melalui rutin minum multivitamin lengkap setiap harinya, seperti Enervon-C.

Enervon-C punya kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – sejumlah vitamin ini dapat bantu menjaga daya tahan tubuh biar tidak mudah sakit!

 

Masker Bedah Digunakan Berulang Kali, Waspadai Bahaya yang Mungkin Terjadi / Credit: suara.com

Masih menyangkut soal masker bedah yang dapat berbahaya jika digunakan berulang kali – penggunaan masker bedah ditujukan untuk sekali pakai saja. Masker bedah berperan mencegah seseorang menyebarkan kumannya sendiri, dan biasanya digunakan oleh tenaga medis – sehingga, mereka dapat dijauhkan dari kuman dari pasien.

Selain itu, masker bedah juga dapat digunakan oleh pasien yang sedang sakit – ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran penyakit dari partikel kecil.

Dilansir dari CNN Indonesia – masker bedah tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali. Ini meliputi masker bedah biasa, maupun respirator N95. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan melepas masker setelah terasa lembap – lalu, hindari memakainya kembali.

Jadi, dalam keadaan normal, masker bedah harus segera dibuang. Cara melepas maskernya pun harus tepat, yaitu tidak menyentuh bagian depan dan melepas dengan menarik tali masker pada telinga. Kemudian, buang masker ke tempat sampah yang memiliki penutup. Dan, segera cuci tangan.

 

Lalu, Apa Bahayanya Jika Masker Bedah Digunakan Berulang Kali?

Masker Bedah Digunakan Berulang Kali, Waspadai Bahaya yang Mungkin Terjadi / Credit: wowkeren.com

Dikutip dari National Academies of Sciences Engineering Medicine, masker sekali pakai tidak bisa digunakan kembali, karena berfungsi dengan menjebak partikel berbahaya di dalam jaring serat yang dipakai dalam pembuatannya.

Penumpukan partikel tersebut tidak bisa dibersihkan atau didisinfeksi tanpa merusak serat atau kompenen lain dari perangkat masker, seperti tali pengikat atau penjepit hidung. Jadi, jika digunakan berulang kali – bakteri atau virus yang menempel pada masker, akan ikut mengontaminasi wajah.

Selain itu, masker bedah yang digunakan berulang kali juga terkait dengan efektivitasnya yang menurun untuk menyaring bakteri dan kuman.

 

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - cnnindonesia.com