Selama pandemi berlangsung, sudah dilaporkan ada dua varian baru virus corona. Jika sebelumnya ditemukan mutasi varian D614G, di bulan September 2020 silam – belum lama ini, kembali dilaporkan varian corona terbaru, yang juga dikenal dengan B117.

Namun, apa perbedaan di antara keduanya?

 

 

 

Hingga saat ini, berbagai negara sudah melaporkan soal varian baru virus corona – atau yang pertama kali ditemukan di Inggris. Negara tersebut meliputi Denmark, Singapura, Australia, dan India. Bahkan, diklaim bahwa varian baru ini cukup mudah menular dibanding varian mutasi D614G.

Meskipun berasal dari virus yang sama, tetapi apakah perbedaan di antara kedua mutasi virus tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

Apa itu Varian Corona Baru Asal Inggris?

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Varian Covid Inggris dan D614G / Credit: kompas.com

Pada bulan Desember 2020 lalu, Inggris menemukan varian terbaru virus corona. Varian ini juga disebut dengan VUI – 202012/01 atau B117. Varian baru ini mengalami mutasi tertentu yang dikhawatirkan dapat mengganggu hasil tes PCR atau Polymerase Chain Reaction.

Selain itu, dikhawatirkan varian baru B117 ini memiliki sifat menular 70 persen lebih tinggi. Diungkapkan oleh Profesor Dr. Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia – bahwa diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan, 90 persen kasus corona akan didominiasi oleh varian B117.

Jadi, menerapkan protokol kesehatan, terlebih bagi yang sudah beraktivitas di luar rumah wajib dilakukan.

 

Lalu, Bagaimana Dengan Varian D614G?

Sebelum muncul varian corona asal Inggris alias B117 – di bulan September lalu, varian D614G lebih dulu ditemukan, termasuk di Indonesia. Tetapi, untuk beberapa negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, dan beberapa negara di Eropa – sudah lebih dulu menemukan varian ini.

Virus D6146 merupakan muatan dari satu struktur virus corona yang tidak terlalu ganas. Namun, varian ini memiliki sifat yang mudah menempel pada inangnya. Sehingga, orang-orang juga lebih mudah terjangkit varian ini, tetapi akan mengalami gejala yang sama seperti Covid-19.

 

Jadi, Apa Perbedaan Di Antara Keduanya?

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Varian Covid Inggris dan D614G / Credit: alodokter.com

Dilansir dari PopMama – jenis virus corona asal Inggris dan D6146 tidak memiliki banyak perbedaan. Misalnya, dari sisi berat, fatalitas, dan tingkat kematiannya pun tidak berbeda. Jadi, virus corona asal Inggris juga tidak lebih berbahaya.

Tetapi, bisa menjadi lebih berbahaya ketika jumlahnya jauh lebih banyak dan mudah menular. Untuk itu, mewaspadai kedua varian ini tetap perlu dilakukan. Sebab, dikarenakan tingkat penularan yang lebih tinggi – maka, masih ada risiko fatal yang mengintai.

 

 

 

Perlu diketahui bahwa kedua varian corona ini tidak lebih ganas dari sebelumnya. Meski demikian, bukan berarti masyarakat boleh lengah. Kedua mutasi virus ini tetap perlu dihindari dengan menerapkan protokol kesehatan, serta mengurangi frekuensi bepergian ke luar rumah.

Yang tak boleh dilupakan, menjaga kesehatan juga jadi poin penting selama pandemi. Ketika kesehatan terjaga, maka kekebalan tubuh dapat bekerja melindungi tubuh secara maksimal.

 

Featured Image - voi.id

Source - popmama.com