Rasa stres, cemas, dan khawatir kerap kali menghampiri selama masa pandemi Covid-19. Memang, menjalani kondisi serba tak pasti ini merupakan suatu tekanan tersendiri. Segala sesuatunya jadi terasa lebih berat ya?

Berbagai tekanan yang kerap dihadapi semasa pandemi, membuat kamu lebih mudah stres, panik berlebih, hingga mengalami depresi.

Tetapi, untuk memulai kembali hidup yang lebih tenang – hal ini dapat kamu peroleh dengan mengatur kembali cara pikir dan keseharian dengan lebih baik, lho. Tenang, hal ini mudah dilakukan, bahkan termasuk sederhana kok!

Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

 

 

Kurangi Pikiran Negatif

Hidup Stres dan Anti Panik Selama Pandemi, Begini Cara Dapatkannya / Credit: dararehab.com

Meskipun banyak peristiwa tidak menyenangkan yang kamu alami selama pandemi, bukan berarti kamu dapat terus berpikir negatif, lho. Sebab, jika hal ini terus menerus terjadi, bahkan kamu merasa khawatir ketika bahagia – kesehatan mental kamu dapat makin terganggu!

Untuk itu, mulailah mengatur kembali cara pandangmu. Masih banyak hal positif lainnya yang kamu peroleh, meski kondisi sedang tidak menentu.

 

Buat Batasan

Setiap orang tentu memerlukan batasannya masing-masing. Tetapi, ini bukan berarti membuat kamu jadi jauh dengan orang lain ya. Tetapi, tentukan batasanmu seperlunya. Dengan demikian, kamu bisa mengatur hidup lebih baik lagi.

Lalu, bagaimana kalau ada orang yang tidak menghormati batasan tersebut? Sepertinya, kamu tak perlu mempertahankan orang tersebut. Ingat, kamu harus menyayangi dirimu terlebih dahulu, sebelum sayang pada orang lain ya!

 

Batasi Berita Negatif

Hidup Stres dan Anti Panik Selama Pandemi, Begini Cara Dapatkannya / Credit: barometersulut.com

Selama pandemi, banyak sekali berita yang mengejutkan, terlebih yang memiliki nilai negatif. Terlalu sering membaca berita – dapat membuat kamu mudah stres, lho. Untuk itu, coba kurangi frekuensinya ya.

Atur waktu untuk membaca berita atau mengakses sosial media. Hindari menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, serta tidak bisa membuat hidupmu berkembang.

 

Lebih Teratur

Salah satu hal yang membuatmu bisa lebih tenang, yaitu mengetahui hal apa yang harus dilakukan. Jadi, membuat rencana hidup lebih teratur bisa membantumu semakin mantap dalam menjalani hidup, lho.

Misalnya, matangkan kembali urusan keuangan, waktu, dan prioritas. Kamu dapat memulainya dengan mengatur pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, menyisihkan uang untuk biaya darurat – jadi, ketika sesuatu hal yang tak disangka terjadi, kamu masih dapat menghadapinya.

Begitu juga dengan mengatur waktu. Tentukan kembali rencana jangka panjang, jadi kamu bisa mengatur waktu lebih baik. Tentukan pula skala prioritas kamu ya – mulai dari hal penting sampai kurang penting.

 

Miliki Hobi Baru

Kulik kembali hal-hal atau hobi yang mungkin bisa dijadikan kesukaan baru. Misalnya, memelihara tanaman – kegiatan ini bisa saja membuatmu lebih bahagia. Atau, kamu bisa semakin konsisten dalam berolahraga, sehingga suasana hati dan tubuh semakin terjaga.

 

Nah, itulah kelima langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjalani hidup minim stres selama pandemi. Meskipun di tengah kondisi tak pasti, ingat jangan lupa untuk bahagia ya!

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com