Sejak pandemi, pemerintah mengharuskan masyarakat untuk melakukan semua aktivitas dari rumah dan mengurangi kegiatan diluar guna mengurangi penyebaran Covid-19. Namun, ternyata rumah menjadi “hot spot” yang dianggap memiliki resiko tinggi dalam penularan virus Corona. 

 

 

Menurut penelitian terbaru, sejumlah kasus Covid-19 diketahui berasal dari klaster keluarga atau anggota keluarga yang lebih dulu positif. Adanya kontak erat yang terjadi dalam satu rumah memang sangat rentan terjadinya penyebaran virus ini. Yang dimaksud dengan kontak dekat adalah orang yang tinggal dalam satu rumah dan anggota keluarga yang tidak tinggal bersama, termasuk juga teman dan rekan kerja.

Oleh sebab itu, penting untuk tetap waspada terhadap penularan virus Corona. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari Covid-19!

 

Tetap Jaga Jarak Antar Anggota Keluarga 

Hati-Hati, Rumah Disebut Sebagai Hotspot Penularan Corona / Credit: kompas.com

Menerapkan jaga jarak meski di rumah saja, batasi paling tidak 6 kaki atau 1,5 meter hingga 2 meter. Menurut pakar kesehatan masyarakat dari UNLV School of Public Health, dikutip The Conversation mengatakan, jika ada seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah di rumah kamu, maka antar anggota keluarga harus bertindak seolah-olah dia berisiko terinfeksi. Mereka harus membatasi kontak dengan orang tersebut  dan selalu mencuci tangan setiap kali terpaksa kontak langsung. 

 

Terapkan Protokol Kesehatan Keluar-Masuk Rumah 

Sebaiknya ketika kembali ke rumah jangan bergegas masuk. Buka sepatu di depan pintu, siapkan tempat cuci tangan di depan rumah sehingga orang yang keluar atau tamu bisa menggunakannya. Letakkan tas kerja, kantong plastik belanja di lantai rumah dan bersihkan dengan tisu basah antiseptik atau cairan desinfektan.

Setelah masuk rumah, jangan menyentuh apapun atau melakukan apapun. Lepaskan pakaian dan jika memungkinkan langsung dicuci atau diletakkan di keranjang pakaian kotor. Terakhir, segeralah  mandi dan keramas untuk menghilangkan seluruh bakteri, kuman dan virus yang mungkin menempel di tubuhmu. 

 

Apabila Ada Anggota Keluarga Positif

Hati-Hati, Rumah Disebut Sebagai Hotspot Penularan Corona / Credit: ussfeed.com

Jika ada salah satu anggota keluarga yang terpapar virus Corona, segera lakukan karantina mandiri untuk menghindari adanya kontak langsung dengan orang sehat sehingga mereka nggak bertambah parah dan mencegah virus semakin menyebar. Selain itu, hindari menggunakan barang atau peralatan makan secara bersamaan. Bersihkan rumah secara berkala yang sekiranya memiliki intensitas sentuhan yang tinggi. 

 

Jaga Kekebalan Tubuh dengan Minum Multivitamin 

Meski diam di rumah, kamu harus ingat menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting serta, tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan lupa untuk mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun. Terutama sebelum dan sesudah makan, atau sebelum dan sesudah menyentuh hewan peliharaan.

Kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan secara rutin. Pastikan kamu memilih multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C ya. 

Enervon-C memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit, mempercepat proses penyembuhan, sekaligus membantu meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan energi. 

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi yaitu 1000 mg.

 

 

Jadi, sudah siap untuk tetap aktif meski di dalam rumah aja? Ingat, selalu jaga kesehatanmu dengan menerapkan sejumlah kebiasaan baik ya!

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com