Awal tahun adalah momen yang tepat untuk membangun harapan atau memulai sesuatu yang lebih baik di masa mendatang. Tentunya, semua orang termasuk kamu ingin situasi lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Membangun suasana baru bisa kamu mulai dari rumah, dimana tempat terbaik kamu untuk menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai tahun baru dengan mendekorasi rumah. Berikut ini tips dekorasi rumah dijamin bikin kamu makin betah!

 

 

Menyisihkan Barang yang Sudah Tidak Terpakai 

Credit: livingloving.net

Menumpuk barang yang sudah tidak kamu pakai justru akan membuat rumahmu berantakan dan semakin repot untuk merapikannya. Alejandra Costello menyarankan untuk melakukan 'dirty 30' atau metode membereskan ruangan yang tak tertata dalam waktu 30 menit. Setelah mengumpulkan  barang-barang yang sudah tidak digunakan, kamu bisa menyumbangkannya atau mendaur ulang. 

 

Percantik Rumah dengan Tanaman Hias 

Jika bagian dalam rumahmu terlihat polos dan belum ada dekorasi sama sekali? Daripada bingung harus memilih aksesoris apa dan mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Kamu bisa memilih tanaman hias untuk mempercantik rumahmu. Dengan merawat tanaman dianggap bisa membuat kamu lebih bahagia dan menjadi lebih bersyukur. 

Tidak perlu tanaman yang mewah atau bunga berwarna-warni. Berbagai tanaman hias seperti kaktus, Siklok, Kalatea, Lili Paris, atau English Ivy tidak memerlukan perawatan khusus, hanya menyiramnya dan memberi pupuk secara berkala agar tanaman tersebut bisa hidup dalam waktu lama. 

 

Biarkan Cahaya Masuk secara Alami 

Dekorasi Ulang Rumah, Cara Tepat Beri Kehidupan Baru Di Rumah / Credit: realhomes.com

Adanya ventilasi udara yang cukup bagus membuat cahaya dapat masuk sehingga dapat meningkatkan suasana hati, terutama ketika kamu merasa gelisah atau bosan. Minimnya cahaya justru akan membuat Anda merasa sumpek dan semakin tak karuan. 

Apabila tidak memiliki banyak jendela di rumah, kamu bisa menaruh cermin tepat di seberang jendela. Lalu, biarkan cermin tersebut memantulkan sinar matahari dan menerangi seluruh ruanganmu. 

 

Aromatherapy bikin Kamu Rileks

Dengan menghadirkan aroma tertentu secara psikologi dapat membuat kamu merasa segar, rileks, dan membangkitkan mood. Tak ada salahnya menambahkan aroma-aroma di dalam rumahmu, mulai dari tempat tidur, ruang keluarga, ataupun, ruang makan. Pilih aroma yang mengingatkan Anda pada sesuatu atau seseorang yang dicintai untuk membuat ruangan terasa lebih hangat dan menenangkan.

 

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika ingin menata ulang rumahmu. Mendekorasi rumah tidak selalu harus merombak besar-besaran dan menghabiskan banyak uang bukan?

 

Featured Image - houselogic.com

Source - cnnindonesia.com