Setiap harinya jumlah kasus virus corona semakin meningkat, rasa panik memang sulit dihindari. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui gejalanya guna mencegah penyebaran Covid-19 sejak dini. 

Namun, faktanya banyak masyarakat yang sulit membedakan gangguan yang dialami dengan penyakit lainnya. Seperti halnya, virus corona yang sering tertukar dengan pneumonia, karena gejalanya sangat mirip. Biar nggak terkecoh lagi soal ini, cari tahu yuk apa saja perbedaanya di sini!

 

 

Perbedaan Mendasar Pneumonia dan Virus Corona? 

Nyaris Mirip! Ini Lho Bedanya Pneumonia dan Covid-19 / Credit: healthline.com

Pneumonia sering kali dikenal dengan istilah paru-paru basah. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi yang mengakibatkan peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Infeksi ini menyebabkan kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru meradang dan dipenuhi cairan atau nanah. 

Sedangkan Covid-19 adalah  virus single stranded RNA yang berasal dari kelompok Croronaviridae dan disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. 

Penyebab virus Corona merupakan virus single stranded RNA yang berasal dari kelompok Coronaviridae. Dinamakan coronavirus karena permukaannya yang berbentuk seperti mahkota (crown/corona). Covid-19 penularannya sangat cepat dan dapat menyerang siapa saja, seperti orang dewasa, anak-anak, bayi, lansia (golongan usia lanjut), hingga ibu hamil dan ibu menyusui. 

 

Dilihat dari Gejala

Nyaris Mirip! Ini Lho Bedanya Pneumonia dan Covid-19 / Credit: bola.com

Meskipun cukup sulit untuk membedakan gejala Covid-19 dengan pneumonia. Berikut beberapa gejala yang bakal dialami keduanya, di antaranya:

Beberapa penderita virus Corona hanya mengalami gejala ringan. Namun, jika pasien dengan komplikasi Covid-19 yang lebih serius dapat mengalami pneumonia. Hal yang paling terlihat dari keduanya adalah sifat batuk yang muncul. Pneumonia umumnya batuk berdahak, sedangkan virus Corona lebih cenderung batuk kering. 

 

Perkembangan Penyakit 

Nyaris Mirip! Ini Lho Bedanya Pneumonia dan Covid-19 / Credit: alodokter.com

Perkembangan infeksi antara virus Corona dan pneumonia berlangsung dengan cepat atau progresif. Sedangkan pada virus lain, pertumbuhan penyakit umumnya bertahap dan sembuh sendiri pada tahap ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan). Hanya beberapa kasus parah yang dapat mengalami pneumonia.

 

 

 

Itulah beberapa perbedaan antara virus Corona dan pneumonia. Untuk mengantisipasinya kamu harus menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan ya!

 

Featured Image - weillcornell.org

Source - cnnindonesia.com