Kamu sering merasa ‘terjebak’ dengan pikiran sendiri – hingga memikirkan berbagai hal dengan beragam scenario tanpa henti dan akhirnya merasa stres? Hati-hati! Ini merupakan tanda kamu mengalami overthinking, lho!

Meskipun masih sering dianggap remeh, tetapi overthinking memiliki dampak yang berbahaya, terlebih bagi kesehatan tubuh kamu.

 

 

Jika diartikan overthinking merupakan kegiatan memikirkan segala sesuatunya secara berlebihan. Orang yang mengalami overthinking biasanya sering beralasan – dengan menganggap bahwa mereka hanya berhati-hati saja. Padahal, sebenarnya tidak. Justru, orang overthinking sudah berlebihan dalam memikirkan sesuatu, bahkan hal sepele sekalipun.

Nah, untuk kamu yang masih sering overthinking – coba yuk hindari kebiasaan buruk ini! Sebab, overthinking dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan, lho.

Setidaknya ada lima gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat terlalu sering overthinking. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

5 Gangguan Kesehatan

Bisa Muncul Akibat Overthinking!

Overhinking Dapat Picu 5 Masalah Kesehatan Berbahaya Berikut! / Credit: kumparan.com

Gangguan Pencernaan

Tingginya hormon stres dalam tubuh dapat memengaruhi sistem pencernaan! Ketika kamu stres, maka risiko berbagai gangguan pencernaan pun akan meningkat – seperti radang usus, sindrom iritasi usus, sekresi lambung, dan perubahan mobilitas gastrointestinal.

Selain itu, stres juga dapat membuat lapisan pelindung usus melemah, sehingga bakteri pada usus dapat memasuki tubuh dengan mudah. Hal ini dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi, lho.

 

Gangguan Fungsi Otak

Kalau kamu terlalu sering overthinkingfungsi otak pun bisa ikut terganggu, lho. Hal ini karena hormon kortisol yang dihasilkan saat stres, bisa merusak sel-sel otak di hipokamus – yaitu, bagian dari otak besar yang berperan dalam fungsi memori.

Dalam sebuah penelitian dari University of California, diungkapkan bahwa overthinking bisa memicu stres kronis yang menyebabkan gangguan mental, seperti kecemasan akut dan gangguan perubahan mood.

 

Gangguan Jantung

Overhinking Dapat Picu 5 Masalah Kesehatan Berbahaya Berikut! / Credit: emc.id

Ketika kamu overthinking, hormon adrenalin pun ikut meningkat – sehingga detak jantung dan pernapasan pun akan turut meningkat. Kebiasaan overthinking juga berisiko menimbulkan perilaku yang meningkatkan penyakit jantung, seperti makan berlebihan dan gaya hidup pasif.

 

Gangguan Kesehatan Kulit

Stres berlebihan – yang kerap terjadi akibat overthinking dapat membuat tubuh melepaskan zat kimia seperti neuropeptide dan neurotransmitter. Kedua zat ini dapat mengubah cara tubuh merespons berbagai fungsi.

Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami peradangan dan lebih sensitif. Hal ini termasuk bagian kulit – yang bisa timbul ruam, serta mengalami masalah kulit lainnya akibat overthinking.

 

Imunitas Tubuh Melemah

Kalau yang ini, kamu pun pasti tahu ya kalau overthinking pun dapat melemahkan imunitas tubuh. kadar hormon kortisol yang tinggi dalam tubuh dapat menurunkan imunitas. Lalu, kamu pun menjadi lebih rentan sakit dan mengalami peradangan dalam tubuh.

Belum lagi, overthinking dapat menurunkan kadar sel darah putih yang dapat melawan infeksi – wah, kamu mesti segera hilangkan kebiasaan buruk overthinking ya!

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Overthinking?

Overhinking Dapat Picu 5 Masalah Kesehatan Berbahaya Berikut! / Credit: writingcooperative.com

Setelah mengetahui beragam gangguan yang mungkin timbul akibat overthinking – sekarang sudah saatnya kamu mengatasi masalah ini! Bagaimana caranya?

Setidaknya ada tiga langkah sederhana yang bisa kamu terapkan, yaitu

  • Tuangkan pikiran kamu ke dalam tulisan. Hal ini dapat bantu meringankan beban pikiran kamu, lho.
  • Alihkan pikiran dengan mendengarkan lagu.
  • Refleksikan diri kamu dan sadari bahwa memikirkan sesuatu secara berlebihan itu tidaklah baik.

 

 

Sekarang kamu sudah memahami ya berbagai gangguan kesehatan yang mungkin timbul karena overthinking? Nah, jika kamu sedang mengalaminya – yuk, segera atasi agar kamu tidak merasakan dampak buruk dari overthinking!

 

Featured Image - dailymercury.com.au