Salah satu cara agar tubuhmu tetap sehat dan bugar yaitu dengan melakukan rutin berolahraga. Namun, rasa malas dan tidak punya banyak waktu sering kali membuat kamu melewatkan rutinitas sehat ini.

Meninggalkan olahraga bisa berdampak buruk pada tubuhmu loh. Jangan biarkan itu terjadi ya. Yuk luangkan waktu untuk melakukan beberapa jenis olahraga ini bagi kamu yang merasa mager alias males gerak. 

 

 

Olahraga 'Mager' Bisa Jadi Alternatif, Ini 5 Gerakan yang Perlu Dicoba / Credit: pennmedicine.org

 

Sitting Elbow Curls

Sitting elbow curls adalah gerakan untuk otot lengan dan punggung. Kamu bisa melakukan gerakkan ini dengan mudah yaitu mengangkat tangan dan menaruh telapak di area telinga. Kemudian, tekuk lengan ke depan dan kembali buka. 

Dengan rutin melakukan ini, pegal di punggung bisa berkurang drastis. Selain melatih otot bahu, tangan dan punggung, gerakan ini juga melatih otot dada. Kamu bisa mengulanginya sebanyak 30 kali dengan kecepatan yang diinginkan. 

 

Arm Circles 

Arm Circles adalah gerakan memutar lengan. Yang kamu butuhkan adalah kursi, lalu duduk tegak di kursi dan melebarkan tangan di kiri dan kanan. Kemudian putar perlahan kedua tangan. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali putaran ke depan dan 20 kali putaran ke belakang. 

 

Seated Jumping Jacks 

Olahraga 'Mager' Bisa Jadi Alternatif, Ini 5 Gerakan yang Perlu Dicoba / Credit: id.pinterest.com

Seated jumping jacks merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan sambil duduk. Kamu hanya membutuhkan kursi, lalu duduk di ujung kursi dan buka kedua tangan, lalu kaki seperti saat melakukan jumping jack 

Usahakan duduk tegak lurus agar otot terlatih dengan tepat. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan pengulangan 20 kali dan rasakan otot tangan, kaki, dan punggung turut bergerak. 

 

Abs Twister 

Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan cara duduk di ujung kursi dan pegang bagian atas siku. Kemudian duduk dengan tegap dan putar badan dari kanan ke kiri sebanya 3 set dengan pengulangan 1 set sebanyak 20 kali. 

Jenis gerakan yang satu ini berguna untuk membakar lemak perut, menjaga postur torso, mengurangi pegal, dan sakit di bagian tulang punggung. 

 

Seated Leg Extensions

Olahraga 'Mager' Bisa Jadi Alternatif, Ini 5 Gerakan yang Perlu Dicoba / Credit: marattmd.com

Seated leg extensions adalah jenis gerakan olahraga yang bermanfaat untuk menguatkan otot paha dan pinggul. Lakukan ini sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan setiap setnya. Caranya pun sangat mudah dilakukan dan tidak menguras keringat. 

Melakukan gerakan ini kamu cukup duduk di ujung kursi dan letakkan tangan di sisi tubuh. Angkat salah satu kaki dan luruskan selama 3 detik. Luruskan kaki sampai ujung untuk melatih otot.

 

Seated Press-ups 

Seated Press-ups berfungsi untuk menguatkan otot bahu dan trisep. Kamu bisa melakukan jenis olahraga yang satu ini. Mirip dengan push up, namun sambil duduk. 

Duduklah di ujung kursi dan tempatkan tangan di sisi tubuh. Angkat tubuh menggunakan kedua tangan dan rasakan otot tangan dan bahu terlatih. Lalu lemaskan kaki dan kencangkan otot perut untuk latihan tambahannya. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan di setnya. 

 

Memanfaatkan Botol Mineralmu

Olahraga 'Mager' Bisa Jadi Alternatif, Ini 5 Gerakan yang Perlu Dicoba / Credit: storyblocks.com

Gerakan yang satu ini cukup mudah dan tidak membutuhkan properti khusus. Namun, bisa melatih banyak bagian otot tubuh. Caranya yaitu duduk tegak dengan setengah paha di luar kursi. Kemudian luruskan badan dan tempatkan botol minuman di area paha. Dengan pengulangan sebanyak 30 kali. 

 

Sit Up and Push Up

Kamu pasti cukup familiar dengan jenis olahraga ini. Gerakan ini sebagai alternatif untuk menguatkan tangan dan otot perut. Kamu bisa melakukannya cukup 10 kali masing-masing dan lakukan setiap hari sebagai permulaan. 

 

 

Bagaimana cukup mudah bukan? Daripada tidak bergerak sama sekali, jadi luangkan waktumu untuk beranjak dari kursi ya, selain membuat otot bergerak. Secara  nggak  sadar kamu sudah melakukan olahraga ringan dan membuat tubuhnya sehat. 

 

Featured Image - instyle.com

Source - popmama.com